APAPUN YANG KULAKUKAN UNTUK KEMULIAAN TUHAN

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 10:31

Brother Lawrence adalah salah satu contoh orang yang melakukan segala sesuatu untuk kemuliaan Tuhan. Ia lahir pada tahun 1614-1691 di wilayah Lorraine bagian timur Perancis. Pada masa hidupnya ia terkenal sebagai orang mempunyai hubungan intim dengan Tuhan dan mempraktekkannya setiap saat. Sebagian besar hidupnya sebagai tukang masak dan diakhir sisa hidupnya menjadi tukang reparasi sandal.

Dari hikmat, pengakuan dan surat-surat yang ditulisnya menjadi sebuah buku berjudul The Practice of the Presence of God. ia menginspirasi John Wesley dan A. W. Tozer untuk pelayanan mereka. Brother Lawrence berkata, “Apa motivasi kita dalam bekerja? Kita hanya melakukan hal yang kecil bagi Allah. Aku membalikkan kue yang aku goreng di dalam penggorengan, tetapi tetap mengasihi Tuhan. Aku melakukan pekerjaan ini sambil menyembah Tuhan yang memberikan pekerjaan ini kepadaku…

Apa yang terjadi pada Brother Lawrence? Ia melakukan seperti yang dikatakan Paulus dalam I Korintus 10:31, yang menjadi bacaan kita hari ini. Banyak orang yang makan bukan untuk memuliakan Tuhan, tetapi untuk memuaskan hawa nafsu mereka. Seharusnya ketika kita makan pun bertujuan melakukannya untuk Tuhan dan bukan untuk diri kita. Ketika minum, entah kita meminum apa pun, jikalau dilakukan dengan tujuan untuk memuliakan Tuhan di dalam tubuh kita, maka Allah pasti disenangkan. Itulah sebabnya mengapa Allah membenci para pemabuk. Karena ketika mereka dikuasai anggur, maka mereka akan berbuat dosa sesukanya.

Sobat Teruna, firman Tuhan memberikan perintah kepada kita bahwa, “Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3:23). Mari kita lakukan segala sesuatu untuk kemuliaan Allah. (RO)

Doa: Ya Tuhan, apa pun yang kulakukan dalam hidupku biarlah hanya untuk memuliakan nama-Mu.