HIDUP DALAM KECUKUPAN ADALAH BUKTI KEDAULATAN ALLAH


Filipi 4:12-13

12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan. 13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Pernahkah melihat video tentang kesaksian hidup salah satu jurnalis dan pembawa acara kondang Indonesia Andy Noya? Andy berasal dari keluarga yang kurang mampu. Ayahnya seorang tukang yang membetulkan mesin tik dan ibunya seorang tukang jahit. Ketika dewasa, Andy berprofesi menjadi wartawan dengan gaji yang pas-pasan namun harus berjuang menjadi kepala keluarga yang menanggung biaya hidup 15 orang keluarganya. Suatu ketika kakak perempuan yang dikasihinya mengidap sakit kanker. Dengan kondisi perekonomian yang pas-pasan tentu membuat Andy merasa bingung dan sedih karena tidak mempunyai biaya untuk mengobati kakaknya. Setelah mengetahui bahwa kakak yang dikasihinya mengidap kanker stadium empat, Andy berlutut dan berdoa kepada Tuhan. Dengan cara Tuhan yang ajaib Andy mendapatkan pekerjaan untuk menjadi pembicara dibayar dengan sejumlah uang yang ternyata sama persis dengan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk biaya operasi. Sungguh bukti pemeliharaan Tuhan begitu luar biasa.

Sobat Teruna, Tuhan ingin agar anak-anak-Nya selalu bergantung kepada-Nya dalam setiap situasi dan kondisi. Ia juga ingin melatih kita menjadi lebih dari seorang pemenang. Untuk menjadi seorang pemenang, maka kita harus belajar mengatasi berbagai kondisi. Dengan kata lain, kita harus menyiapkan hati di mana Tuhan akan menempatkan kita pada situasi-situasi yang berbeda. Tujuannya agar iman kita dapat dilatih. Tuhan mempunyai cara untuk membawa kita keluar dari setiap pergumulan yang kita hadapi. Paulus berkata, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." Ini adalah sebuah pernyataan yang sangat menginspirasi dan menyatakan arti sesungguhnya dari kehidupan kekristenan. Orang Kristen sejati adalah mereka yang dapat melakukan segala perkara melalui Tuhan.

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa, aku mau selalu bersyukur untuk setiap berkat yang Tuhan berikan karena Tuhan selalu memberi apa yang aku butuhkan.