MENOPANG PARA PEMIMPIN DALAM DOA

17 Jul 2017

 

Mazmur 72:1-20

Dari Salomo. Ya Allah, berikanlah hukum-Mu kepada raja dan keadilan-Mu kepada putera raja! Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum! Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran! Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin, tetapi meremukkan pemeras-pemeras! Kiranya lanjut umurnya selama ada matahari, dan selama ada bulan, turun-temurun! Kiranya ia seperti hujan yang turun ke atas padang rumput, seperti dirus hujan yang menggenangi bumi! Kiranya keadilan berkembang dalam zamannya dan damai sejahtera berlimpah, sampai tidak ada lagi bulan! 8 Kiranya ia memerintah dari laut ke laut, dari sungai Efrat sampai ke ujung bumi! Kiranya penghuni padang belantara berlutut di depannya, dan musuh-musuhnya menjilat debu; 10 kiranya raja-raja dari Tarsis dan pulau-pulau membawa persembahan-persembahan; kiranya raja-raja dari Syeba dan Seba menyampaikan upeti! 11 Kiranya semua raja sujud menyembah kepadanya, dan segala bangsa menjadi hambanya! 12 Sebab ia akan melepaskan orang miskin yang berteriak minta tolong, orang yang tertindas, dan orang yang tidak punya penolong; 13 ia akan sayang kepada orang lemah dan orang miskin, ia akan menyelamatkan nyawa orang miskin. 14 Ia akan menebus nyawa mereka dari penindasan dan kekerasan, darah mereka mahal di matanya. 15 Hiduplah ia! Kiranya dipersembahkan kepadanya emas Syeba! Kiranya ia didoakan senantiasa, dan diberkati sepanjang hari! 16 Biarlah tanaman gandum berlimpah-limpah di negeri, bergelombang di puncak pegunungan; biarlah buahnya mekar bagaikan Libanon, bulir-bulirnya berkembang bagaikan rumput di bumi. 17 Biarlah namanya tetap selama-lamanya, kiranya namanya semakin dikenal selama ada matahari. Kiranya segala bangsa saling memberkati dengan namanya, dan menyebut dia berbahagia. 18 Terpujilah Tuhan, Allah Israel, yang melakukan perbuatan yang ajaib seorang diri! 19 Dan terpujilah kiranya nama-Nya yang mulia selama-lamanya, dan kiranya kemuliaan-Nya memenuhi seluruh bumi. Amin, ya amin. 20 Sekianlah doa-doa Daud bin Isai.

 

Mazmur yang menjadi bacaan renungan kita hari ini merupakan doa Daud untuk Salomo, supaya Salomo dianugerahkan pengertian akan hukum dan keadilan untuk menjalankan fungsinya sebagai seorang pemimpin. Lebih lanjut doa Daud ini memohon berkat Tuhan yang melimpah untuk Salomo, bilamana Salomo berlaku baik dan adil menjalankan ketetapan Tuhan.

 

Pernahkah kita berdoa untuk para pemimpin kita? Pasti pernah, setidaknya sekali seminggu saat doa syafaat pokok doa bangsa dan negara kita mendoakan presiden, para mentri, pendeta, majelis, dan sejenisnya. Selain mereka, adakah Tuhan menghadirkan pemimpin lain yang lebih dekat di tengah-tengah kita? Orangtua kita, guru-guru kita, ketua OSIS, ketua kelas, sahabat kita, bahkan diri kita sendiri adalah pemimpin-pemimpin terdekat yang Tuhan hadirkan dalam kehidupan kita. Pernah berdoa untuk mereka?

 

Seorang pemimpin, bagaimana pun hebatnya dia, tetaplah seorang manusia yang memiliki segala keterbatasan. Di lain sisi, pemimpin memiliki segenap tanggung-jawab yang dipikulkan padanya, sementara mereka yang dipimpinnya hanya melihat pelaksanaan tanggung-jawab ini daripada keberadaan pemimpin mereka sebagai seorang manusia. Itulah sebabnya mereka perlu ditopang dalam doa. Orangtua kita harus kita topang dalam doa, bukan hanya supaya dapat bekerja dan menafkahi kita, tapi supaya melalui mereka, kita dapat merasakan keadilan Tuhan di tengah keluarga kita, juga guru-guru dan rekan-rekan kita, supaya melalui mereka keadilan Tuhan dapat terwujud di lingkungan sekolah bagi kita dan segenap warga sekolah. Diri kita pun harus ditopang dalam doa supaya kita tidak luput dalam melaksanakan keadilan Tuhan di mana pun, kapan pun, dan bagaimana pun kita berjalan dalam kehidupan kita.

 

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Kiranya orangtuaku, guru-guru dan rekan-rekanku, juga diriku, Tuhan mampukan untuk menghadirkan keadilan-Mu di dunia ini.

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon