IKUT-IKUTAN TIDAK ADIL

Keluaran 23:1-2

1 “Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar. 2 Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum.

Lift Eksperimen adalah eksperimen yang mencoba melihat bagaimana reaksi individu di saat semua orang yang berada dalam lift berdiri menghadap ke belakang. Banyak individu yang gagal mempertahankan posisi berdiri normal (menghadap ke depan - pintu lift) dengan ikut-ikutan berdiri menghadap ke belakang. Lift Eksperimen dibuat oleh para peneliti psikologi sebagai bentuk percobaan terhadap teori Asch Conformity yang menyatakan bahwa adanya kecenderungan individual untuk menyesuaikan diri dengan orang-orang, perilaku, dan norma yang berlaku di sekitarnya.

Seringkah kita mengalami Asch Conformity? Ikut-ikutan dengan pilihan suara terbanyak. Mungkin lumayan sering, apalagi ketika kita hanya satu-satunya individu dalam sebuah kelompok yang tidak mengikuti suara terbanyak. Lama-kelamaan kita pun akan mengikuti suara terbanyak. Hal ini disebabkan keinginan kita untuk menjadi bagian dari kumpulan itu atau bahkan merasakan tidak enak dan takut ketika dihakimi oleh suara terbanyak.

Firman Tuhan ternyata sudah dari jauh hari memperingatkan akan hal ini, terlebih dalam bacaan hari ini menasihati kita untuk tidak ikut-ikutan berbuat tidak adil kepada sesama. Bisa saja seperti, mengolok-olok teman yang lemah, menghakimi teman yang tidak bersalah, atau memprovokasi pertengkaran teman. Jelas sekali pada ayat 1 & 2, Tuhan melarang kita untuk turut kebanykan orang dalam melakukan ketidakadilan. Jadilah teruna Kristus yang berpegang erat kepada kasih dan keadilan yang tidak ikut-ikutan oleh dunia luar dan segala cobaannya seperti nasihat rasul Paulus kepada Timotius dalam 2 Tim 2:22-26. Tuhan melimpahkan hikmat dan kebijaksanaan kepada teruna GPIB!

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, ketika aku diperhadapkan dengan keadaan menjadi minoritas dan melawan ketidakadilan, tolong aku untuk mampu bertahan dengan pendirianku dan malah menjadi agen perubahan “kebaikan” di sekitarku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon