MENGENAL TAPI MELUPAKAN

Titus 1:13-16

13 Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman, 14 dan tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran. 15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatu pun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis. 16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

Sobat Teruna, hari ini hari Minggu. Kita akan pergi ke IHMPT (Ibadah Hari Minggu Persekutuan Teruna). Ataukah kita sudah menghadiri IHMPT? Tentunya kita akan/sudah mendengarkan renungan firman dari kakak layan, bukan?

Setiap hari kita membaca Sabda Bina Teruna Harian (SBTH) ini dan setiap Minggu kita juga pergi beribadah. Kalau ibarat sebuah pohon, hampir setiap hari dan setiap minggu kita diberi pupuk, disiram dan dirawat. Harapannya adalah kita menjadi pohon yang sehat, subur dan menghasilkan buah yang baik. Pohon yang sehat akan berdaun dan berbuah lebat. Demikian pula kita sobat Teruna. Jiwa kita perlu dirawat oleh firman Allah setiap hari.

Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik (ayat 16). Renungan hari ini mengajak kita untuk berani mengevaluasi bagaimana pemikiran, perkataan dan perbuatan kita. Apakah benar seperti anak-anak yang mengenal Allah? Apakah kita adalah teruna yang rajin membaca firman Tuhan melalui SBTH ini dan selalu hadir di IHMPT? Atau malah sebaliknya, menjadi golongan keji dan durhaka yang tidak sanggup berbuat baik? Apakah kita menghujat kelompok lain yang tidak memilih tokoh sesuai pilihan kita? Apakah kita mencuri waktu untuk melihat situs terlarang? Apakah kita selalu merasa iri hati dengan barang yang dimiliki rekan kita? Ketika jawabanya iya, disitulah kita sudah menyangkal Tuhan. Tugas kita juga adalah menegor mereka yang hidup mengaku mengenal Allah tetapi kenyataannya mereka melakukan kekejian yang dibenci oleh Allah.

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, tolong aku yang kadang tidak menyadari pola lakuku yang ternyata banyak menyangkal-Mu. Apa yang kubaca dan ku dengar semua cenderung ku lupakan. Ampuni aku, Tuhan. Mari perbaharui aku Tuhan, hingga aku layak mengaku bahwa aku mengenal Engkau.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon