JANJI ALLAH TIDAK BERUBAH

18 Aug 2017

 

 

 

Mazmur 34:7-9

29 Dan baru di sana engkau mencari Tuhan, Allahmu, dan menemukan-Nya, asal engkau menanyakan Dia dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu. 30 Apabila engkau dalam keadaan terdesak dan segala hal ini menimpa engkau di kemudian hari, maka engkau akan kembali kepada Tuhan, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya. 31 Sebab Tuhan, Allahmu, adalah Allah Penyayang, Ia tidak akan meninggalkan atau memusnahkan engkau dan Ia tidak akan melupakan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu

 

Kala itu Musa sudah memimpin bangsa Israel hampir sampai di tepi sungai Yordan. Atas kehendak Tuhan, Musa tidak dapat melanjutkan untuk mengantarkan bangsa yang besar ini masuk ke Tanah Perjanjian. Setelah hampir empat puluh tahun mengembara sudah terjadi pergantian generasi di dalam bangsa Israel. Orang-orang yang dulu berjuang untuk keluar dari Mesir sudah digantikan oleh generasi yang lebih muda. Angkatan yang baru ini tidak merasakan pengalaman-pengalaman iman ketika Tuhan berbicara langsung atau ketika Tuhan menghukum umat yang tidak taat atau ketika Tuhan menunjukkan mukjizat-mukjizat melalui Musa. Kitab Ulangan adalah kisah-kisah yang diceritakan ulang untuk generasi baru yang akan memasuki tanah Kanaan yang dijanjikan Tuhan.

 

Sama seperti Musa, orang tua, guru, pendeta, majelis dan juga kakak-kakak pelayan sudah lebih dulu mengalami perjumpaan dengan Tuhan. Mungkin ada banyak pengalaman iman yang pernah mereka alami. Dengarlah nasihat mereka! Jangan sungkan untuk bertanya pada mereka yang lebih berpengalaman. Bila dekat dengan Tuhan maka kita akan dapat memilah mana nasihat yang benar untuk kita lakukan.

 

Ayat Alkitab yang menjadi bacaan kita hari ini adalah bagian dari perikop yang mengingatkan kembali tentang aturan-aturan yang pernah disampaikan Tuhan kepada bangsa Israel. Ayat ini mengingatkan kita betapa pentingnya memahami firman Tuhan dan menghidupkannya dalam perilaku kita. Firman Tuhan bukan saja berisi perintah tapi juga ada janji-Nya. Tuhan selalu setia dan menyayangi kita. Bila semua orang meninggalkan kita, Tuhan selalu ada bersama kita. Bila kita mengalami kesukaran dalam pelajaran atau pergaulan maka datanglah pada-Nya. Berserulah dengan segenap hati dan jiwamu, maka Dia akan menolong dan memberimu kelegaan.

 

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan tolonglah agar aku dapat selalu dekat dengan-Mu walau dunia menyulitkan aku.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon