IRI HATI ITU SAKIT

21 Aug 2017

 

 

Amsal 14:30

30 Hati yang tenang menyegarkan tubuh,tetapi iri hati membusukkan tulang.

 

Dalam bahasa sederhana, iri hati adalah bersukacita atas kegagalan orang lain dan berdukacita atas keberhasilan orang lain. Kita tidak mungkin iri hati pada mereka yang tidak selevel dengan kita. Kebanyakan, kita iri hati kepada teman yang selevel dengan kita. Misalnya, salah seorang guru kita di sekolah dikirim ke Singapore mewakili sekolah karena memenangkan perlombaan menulis. Kita tidak iri hati karenanya. Tapi, kalau teman sekelas kita dikirim ke luar negeri untuk mewakili sekolah karena memenangkan perlombaan menulis, disitulah biasanya iri hati akan muncul.

 

Ketika kita iri, banyak energi yang keluar dari tubuh kita. Terkadang napas kita menjadi tersengal. Tenggorokan bisa tersedak. Firman Tuhan juga hari ini mengingatkan kita bahwa iri hati bisa membusukkan tulang tetapi hati yang tenang menyegarkan tubuh.

 

Alkitab banyak berbicara tentang iri hati. Kaum Farisi iri hati terhadap kepopuleran Yesus sehingga merencanakan yang jahat terhadap-Nya. Saul yang iri hati terhadap Daud karena Daud mengalahkan lebih banyak musuh dan dielu-elukan. Saul juga merencanakan yang jahat terhadap Daud. Iri hati saudara-saudaranya Yusuf terhadap Yusuf karena dia sangat disayang oleh ayah mereka, sehingga mereka juga merencanakan yang jahat terhadap Yusuf.

 

Sobat Teruna, adakah kita juga sering iri terhadap teman kita? Iri hati karena dia melebihi kita dalam berpakaian, dalam jumlah follower di Instagram, dalam prestasi sekolah. Iri hati karena dia adalah kesayangan para guru. Bagaimana membuang sikap iri? Mari melihat anugerah Allah di kayu salib. Kita adalah teruna Kristus yang dipanggil untuk memberikan diri kita dipakai sesuai talenta kita bukan untuk membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain.

 

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan, terimakasih untuk setiap kesempatan dan talenta yang Engkau berikan. Ajar aku mempergunakannya dengan ucapan syukur dan tidak membanding-bandingkannya dengan orang lain.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon