KETIKA DIA MENYERTAIKU

II Samuel 5:6-10

6 Lalu raja dengan orang-orangnya pergi ke Yerusalem, menyerang orang Yebus, penduduk negeri itu. Mereka itu berkata kepada Daud: “Engkau tidak sanggup masuk ke mari; orang-orang buta dan orang-orang timpang akan mengenyahkan engkau!” Maksud mereka: Daud tidak sanggup masuk ke mari. 7 Tetapi Daud merebut kubu pertahanan Sion, yaitu kota Daud. 8 Daud telah berkata pada waktu itu: “Siapa yang hendak memukul kalah orang Yebus, haruslah ia masuk melalui saluran air itu; hati Daud benci kepada orang-orang timpang dan orang-orang buta.” Sebab itu orang berkata: “Orang-orang buta dan orang-orang timpang tidak boleh masuk bait.” 9 Dan Daud menetap di kubu pertahanan itu dan menamainya: Kota Daud. Ia memperkuatnya sekelilingnya, mulai dari Milo ke bagian dalam. 10 Lalu makin lama makin besarlah kuasa Daud, sebab Tuhan, Allah semesta alam, menyertainya.

Sobat Teruna, mari berkenalan dengan orang-orang Yebus yang tinggal di Yerusalem saat itu. Mereka sangat sombong. Mereka yakin bahwa benteng pertahanan mereka sangat kuat. Biar pun cuma dijaga oleh orang buta dan timpang sekali pun, tak ada yang bisa melewati dan merebutnya, termasuk Raja Daud. Ia diejek dan dihina ketika ingin merebut Yerusalem dan mendirikan Bait Allah di sana. Sayang sekali mereka kurang update atas informasi siapa Daud. Walaupun zaman dulu belum ada media sosial seperti sekarang, tetapi seharusnya mereka bisa mencari tahu kalau orang yang mereka hina itu adalah:

  1. Seorang gembala domba yang mengalahkan Goliat, seorang Filistin, hanya dengan ketapel dan batu,

  2. Seorang pemaaf berhati kuat yang tetap mengasihi Saul walaupun Saul selalu mengejar, meneror dan ingin membunuhnya,

  3. Seorang yang rendah hati mengakui dosanya dan berduka karenanya,

  4. Pemimpin spiritual yang merancang 2 tim imam dari suku Lewi untuk mengelilingi Tabut TUHAN selama 24 jam secara bergantian dalam rangka menghadirkan hadirat TUHAN bagi bangsa Israel yang saat itu memang harus ada perantara imam.

  5. Pencipta strategi perang luar biasa yang sanggup memimpin pahlawan-pahlawan Israel yang hebat dan gagah berani untuk memenangkan tiap peperangan

Kalau kita menjadi orang Yebus kita seharusnya bertanya, siapa sih yang ada di belakang Daud? Daud disertai TUHAN, Allah Semesta Alam. Orang yang disertai TUHAN akan semakin bertambah kuasanya dan menjadi pemenang, seperti Daud.

Sobat Teruna, ketika TUHAN, Allah Semesta Alam ada di belakang kita, semua lawan akan bertekuk lutut di kaki kita dan mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat satu-satunya.

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

Penyertaan-Mu sempurna bagiku ya TUHAN, Allah Semesta Alam. Diriku akan berkelimpahan dan semakin kuat karena penyertaan-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon