TENTANG GEMBALA


Mazmur 23:1-6

1 Mazmur Daud. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. 2 Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; 3 Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benaroleh karena nama-Nya. 4 Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. 5 Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah. 6 Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa.

Sobat Teruna, ada beberapa fakta yang perlu kita ketahui tentang gembala di zaman Alkitab yaitu gembala akan menempatkan kawanan gembalaannya di tempat yang berbeda sesuai dengan musimnya, baik itu musim semi, panas maupun dingin. Gembala tahu persis kebiasaan dan kebutuhan kawanan kambing dombanya dan akan membawa mereka ke tempat yang terbaik. Seorang gembala sering begadang pada malam hari demi menjaga kawanan domba dan kambingnya agar tidak dimangsa oleh binatang buas. Pada malam hari gembala akan menghitung dan memastikan kesehatan setiap domba-nya. Di pagi hari, ia akan memanggil kawanan, dan mereka akan mengikutinya ke padang rumput. Pada tengah hari, gembala menuntun kawanan domba-Nya untuk minum dari kolam air yang sejuk. Saat kolam air mengering, gembala menggiring mereka ke sumur dan menimba air untuk mereka. (sumber:https://www.jw.org)

Daud sungguh-sungguh memahami apa yang bisa dilakukan seorang gembala yang baik bagi kawanan dombanya, karena dulunya ia adalah seorang gembala. Daud mengalami bagaimana dia bekerja keras untuk menjaga dan melindungi domba-dombanya. Sampai pada akhirnya Daud membuat sebuah pengakuan yang sungguh; Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku…..Dia yakin hidupnya akan selalu berkecukupan, dipelihara, dilindungi dari yang jahat sampai pada akhirnya ia pulang ke Rumah Bapa.

Allah yang disembah Daud adalah Allah yang sama dengan yang kita sembah pada hari ini. Allah kita yang adalah Gembala Yang Baik menjaga kita di setiap musim kehidupan, melindungi dari lawan-lawan kita dan memelihara kita. Kita adalah domba-Nya.

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah di dalam Yesus Kristus, Kau-lah Gembalaku. Aku takkan pernah kekurangan. Aku dilindungi-Mu dan dipelihara oleh-Mu. Aku domba-Mu.