KEPALA–EKOR


Ulangan 28:13

13 Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,

Sobat Teruna, kita tentu tak asing dengan sosok AHOK. Sekalipun ia harus menghadapi tantangan karena dipenjara, namun tak ada yang sanggup memenjarakan imannya pada Tuhan Yesus. Prinsip imannya jelas dan tegas; “bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan!” Bagi Ahok, mati dalam kebenaran jauh lebih mulia daripada hidup dalam kejahatan. Jadi, walaupun kita harus mati dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan, kita beruntung! Inilah yang membuatnya tetap memiliki banyak pendukung yang sangat mengasihinya walaupun vonis hakim harus membuatnya mendekam di balik jeruji besi.

Inilah penggenapan janji Tuhan dalam kehidupan anak-Nya. Apa pun yang terjadi, susah atau pun senang kita akan menjadi kepala dan bukan ekor, tetap naik dan tak akan turun (ay. 13). Bahkan maut sekali pun tidak akan menghalangi kita untuk memperoleh jaminan keselamatan yang Tuhan anugerahkan. Dengan demikian, perikop ini tidak hanya menguatkan bukan hanya iman bangsa Israel yang waktu itu mulai minder berhadapan dengan bangsa lain yang kelihatan lebih tangguh tapi juga iman kita semua.

Jadi, janganlah kita takut dan gentar dengan tantangan yang ada di depan kita. Sekalipun kita direndahkan, dibandingkan atau difitnah, Tuhan tidak akan tinggal diam. Sekalipun kita dikelilingi oleh orang-orang yang seolah-olah “lebih” di atas kita, tetaplah tangguh! Belajar dari Ahok! Penjara bukan akhir dari segalanya karena banyak tokoh Alkitab yang tetap menjadi pejuang iman sejati walaupun dipenjara. Ingat, dalam kasih dan pemeliharaan Tuhan, kita akan menjadi kepala dan bukan ekor!

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Terunax :

Ya Tuhan, kiranya sabda-Mu terus menguatkan imanku, tidak minder dan gentar dalam berbagai kesulitan hidup.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon