BIJAK-BODOH

7 Sep 2017

 

Amsal 13:14-16

14 Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut. 15 Akal budi yang baik mendatangkan karunia, tetapi jalan pengkhianat-pengkhianat mencelakakan mereka. 16 Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan.

 

Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, semua orang tentu ingin menjadi orang pintar. Namun, tahukah kita bahwa pintar tidak sama dengan bijak? Buktinya, banyak orang pintar tapi sombong. Atau pintar tapi jahat. Nah, Amsal adalah buku pedoman hikmat yang menjadi panduan bagi pelajaran moral dalam pendidikan yang dilaksanakan oleh umat Israel. Dalam pendidikan ini, pintar saja tidak cukup tapi juga harus bijak. Orang bijak adalah orang yang takut akan Tuhan, selalu mau belajar dan rendah hati. Tanpa kebijaksanaan, orang pintar akan menjadi “bodoh”.

 

Jadi, mereka yang bijak adalah mereka yang mau terus belajar sepanjang hidup, belajar dari kegagalan, belajar dari kepahitan, belajar untuk sabar dan belajar untuk terus mengandalkan Tuhan dalam setiap situasi kehidupan. Masa remaja pun demikian, kita semua sama-sama sedang ‘belajar’. Oleh sebab itu, jangan pernah merasa kecewa ketika persoalan menghadang kita. Kita diajak untuk menyadari keterbatasan kita sehingga mau merangkul sesama yang juga terbatas untuk saling belajar dan melengkapi satu sama lain. Inilah kunci dari kebijaksanaan. Tidak saling memukul melainkan merangkul. Tidak saling mengutuk melainkan ‘memeluk’. Tidak saling menghakimi melainkan mengasihi. Tidak saling mengumpat melainkan berbagi berkat. Inilah yang menjadi proses pembelajaran sejati dalam kehidupan kita. Dalam semangat memperingati hari Aksara pada hari ini, jangan pernah kita kehilangan semangat untuk belajar dan kemudian memohon kebijaksanaan dari Tuhan. Itulah yang akan membuat ilmu kita menjadi berkat dan memuliakan nama Tuhan.

Berdoalah agar Firman Tuhan hari ini menjadi rhema dalam kehidupan Sobat Terunax :

 

Ya Tuhan, kiranya aku dapat menjadi seorang yang bijaksana dalam masa muda yang aku jalani.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon