O3 (OZON)

13 Sep 2017

 

 

Ulangan 10:12-14

12 “Maka sekarang, hai orang Israel, apakah yang dimintakan dari padamu oleh Tuhan, Allahmu, selain dari takut akan Tuhan, Allahmu, hidup menurut segala jalan yang ditunjukkan-Nya, mengasihi Dia, beribadah kepada Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, 13 berpegang pada perintah dan ketetapan Tuhanyang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu. 14 Sesungguhnya,Tuhan, Allahmulah yang empunya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit, dan bumi dengan segala isinya;

 

Ketika sinar ultraviolet (UV) matahari akan masuk ke bumi, disaring terlebih dahulu oleh lapisan atmosfer namanya “ozon” agar tidak berbahaya bagi kehidupan mahluk hidup. Bila tidak, maka terjadi kerusakan genetik pada mahluk hidup dan membentuk sel kanker kulit. Juga berdampak kurang baik terhadap sistem imunisasi hewan, organisme akuatik dalam rantai makanan, tumbuhan dan tanaman. Selain itu, ozon juga menjaga kestabilan suhu di bumi, sehingga pemanasan global pun bisa berkurang dan berbagai dampak buruk dari pemanasan global tidak terjadi.

 

Namun lapisan ozon yang kita punyai di atmosfer bumi kita keadaannya semakin memburuk. Sebabnya adalah berbagai gas yang berasal dari bumi, yakni dari industri maupun aktivitas rumah tangga, yaitu gas chlorofluorocarbon atau CFC. Gas ini memiliki daya tahan di atmosfer dalam waktu yang cukup lama utuk memungkinkan gas-gas tersebut diangkut oleh angin menuju ke stratosfer. Ketika gas-gas tersebut memecah maka akan membuat lapisan ozon rusak. Penggunaan beberapa peralatan yang juga mendorong terbentuknya CFC, di antaranya adalah penggunaan AC, hair spray, semprotan pengharum ruangan, dsb.

 

Sobat Teruna, apabila kita ingin terhindar dari dampak pemanasan global dan dampak buruk dari ultraviolet yang masuk ke bumi tanpa saringan, mari kita bijak dalam menggunakan berbagai produk dalam keseharian kita. Agar jangan kenyamanan kita sekarang menyengsarakan kita dan keturunan kita di kemudian hari. Ayat 14 dari bacaan ini mengingatkan bahwa Tuhan yang empunya langit, bumi dan segala isinya. Seluruh ciptaan adalah milik-Nya. Ia menciptakan semuanya baik, namun akan menjadi tidak baik ketika manusia tidak bijak mengatur sikap hidup dan merusak kelestarian ciptaan-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan, mampukan aku memulai dari diriku sejak kini untuk cerdas menggunakan produk dalam kebutuhan sehari-hari, agar tidak menyebabkan menipisnya lapisan ozon yang begitu baik Engkau ciptakan untuk melindungi bumi ini.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon