ALAMMU NANTI

Mazmur 104:24,31

24 Betapa banyak perbuatan-Mu, ya Tuhan, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu.

31 Biarlah kemuliaan Tuhan tetap untuk selama-lamanya, biarlah Tuhan bersukacita karena perbuatan-perbuatan-Nya!

Secara keseluruhan, Mazmur 104 merupakan pujian-pujian bagi Allah pencipta segala sesuatu dan yang memelihara ciptaan-Nya. Dialah sumber hidup semua makhluk di alam ini. Ayat 24 menyimpulkan, “Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kau jadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu.” Ayat 31 memohon, “Biarlah kemuliaan TUHAN tetap untuk selama-lamanya, biarlah TUHAN bersukacita karena perbuatan-perbuatan-Nya!”

Betapa dalam perenungan pemazmur, pemazmur menyaksikan betapa hebat pekerjaan Tuhan dalam karya penciptaan-Nya. Isi bumi menceritakannya. Pun, hikmat Allah nyata dalam seluruh ciptaan-Nya karena Allah mempunyai maksud atas semua ciptaan-Nya; masing-masing dengan fungsi dan perannya (ayat 24). Di paragraf penutup Mazmur ini, pemazmur pun berharap bahwa semua yang Allah sudah ciptakan, yang memeragakan kemuliaan-Nya itu, akan terus menyaksikan kemuliaan-Nya dan membuat hati Allah senang (ayat 31).

Sobat Teruna, mari kita renungkan Mazmur ini bersama pemazmur. Bagaimana kita memaknainya? Jika semua yang Allah ciptakan punya fungsi dan perannya masing-masing di bumi ini (ayat 24), mungkinkah kita memusnahkan ciptaan Allah di bumi? Ketika pemazmur merindukan semua ciptaan terus menyaksikan kemuliaan Allah dan menyenangkan hati Allah (ayat 31), mungkinkah pemazmur akan mengusahakan bumi dengan tidak bertanggung jawab? Di sisi lain, akan senangkah Allah jika alam ciptaan-Nya dirusak dan hanya dimanfaatkan untuk kepentingan saat ini saja?

Sobat Teruna, kita harus menjaga kelangsungan alam ciptaan Tuhan dan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Kita berbuat fasik ketika kita tidak menjaga alam ini. Dan Allah dapat menghukum kita karena hal itu. Sejak sekarang, mari kita bertekad untuk mewariskan alam yang ramah dan bersahabat bagi adik-adik kita karena itu yang berkenan kepada Allah.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Bapa, aku bersyukur atas alam ciptaan-Mu yang sudah membantu membesarkanku hingga saat ini. Bantu aku untuk menjaga alam ciptaan-Mu dengan sebaik-baiknya.