SEBUAH SALURAN BERKAT

Kejadian 50:20

20 Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

“Sekilas kok sepertinya sedih ya kisah Yusuf.” “Ia harus mengalami kejadian-kejadian pahit dalam hidupnya.” “Coba deh kita renungkan!”

Enak nggak di-bully dan dibuang sama keluarga sendiri? Nggak enak! Tapi Yusuf menjalaninya ketika kakak-kakaknya sendiri yang membuangnya ke dalam sumur dan menjualnya sebagai budak kepada orang asing. Enak nggak berada di suatu lingkungan yang asing dan harus hidup dengan orang-orang yang tidak mengenal kita? Nggak enak! Tapi Yusuf menghadapinya ketika ia harus hidup menjadi pelayan di rumah Potifar padahal di rumahnya sendiri ia adalah anak kesayangan ayahnya yang sangat kaya. Enak nggak dituduh melakukan suatu kejahatan yang tidak kita lakukan, lalu masuk penjara? Nggak enak! Tapi Yusuf ikhlas dan bersyukur menerimanya ketika ia dituduh menggoda istri Potifar, difitnah, dijatuhi tuduhan palsu kemudian masuk penjara selama belasan tahun walaupun ia tidak bersalah.

Yusuf taat padahal apa pun yang Tuhan izinkan terjadi dalam hidupnya. Sampai pada akhirnya kita melihat dan tahu bahwa Tuhan sedang mempersiapkan Yusuf untuk menjadi saluran berkat bagi sebuah bangsa yang besar, melalui cara menyelamatkan ayah dan saudara-saudaranya. Yusuf dengan mudah menolong mereka karena Yusuf pada akhirnya mendapat kuasa sebagai tangan kanan Firaun raja Mesir untuk mengelola apa pun dalam negerinya. Luar biasa!

Sobat Teruna, Tuhan sedang mempersiapkan diri kita lewat apa yang kita hadapi sekarang. Bersabar dan bersyukur. Suatu saat nanti kita akan melihat rencana besar Tuhan bagi hidup kita untuk memakai kita menjadi berkat bagi dunia.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah, kuatkan aku di situasi apa pun yang kuhadapi saat ini. Aku percaya Kau sedang mempersiapkanku untuk menjadi saluran berkat-Mu bagi dunia ini.