MENIKMATI HIDUP? BOLEH, ASALKAN…

23 Sep 2017

 

 

Pengkhotbah 11:9-12:1

 Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan! 10Buanglah kesedihan dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu, karena kemudaan dan fajar hidup adalah kesia-siaan.

 

Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kaukatakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!”

 

Sudah tak terhitung prestasi anak bangsa Indonesia di dunia internasional. Berbagai prestasi diraih dalam bidang akademik seperti mengikuti olimpiade sains dan matematika, bidang seni tari maupun paduan suara. Bidang olahraga pun tak ketinggalan mendapatkan berbagai medali penghargaan. Tak heran di mata dunia, keberadaan Indonesia patut diperhitungkan saat ikut bertanding. Mereka yang berprestasi mulai dari anak-anak sampai dewasa tentu bukanlah orang yang tidak menggunakan waktu mereka dengan baik, tetapi justru menggunakan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan berdisiplin tinggi. Semua usaha dan kerja keras yang dilakukan membuahkan hasil yang membanggakan tidak hanya bagi diri sendiri bahkan membawa nama harum bangsa dan negara.

 

Dalam Pengkhotbah yang kita baca hari ini mengingatkan bahwa orang muda dapat menikmati masa muda dengan bersenang-senang, namun melakukannya dengan rasa takut akan Allah. Sehingga dalam kesenangan dilakukan secara bertanggung jawab, bukan melakukan hal-hal yang bertentangan dengan kehendak Allah. Menggunakan waktu yang Tuhan berikan dengan baik berarti kita menyadari adalah suatu kesempatan yang diberikan Tuhan selama kita hidup di dunia untuk kemuliaan Tuhan, bukan untuk memuaskan keinginan hati yang hanya bersifat sementara dan terkadang di luar kehendak Tuhan. Maka pada pasal 12 ayat 1 ditegaskan “Ingatlah akan Penciptamu pada masa mudamu, sebelum tiba hari-hari yang malang dan mendekat tahun-tahun yang kau katakan: “Tak ada kesenangan bagiku di dalamnya!”.

 

Sobat Teruna, menggunakan waktu dengan melakukan kehendak Tuhan bukanlah hal yang sukar untuk kita lakukan bila kita tahu bahwa hanya Tuhan yang memberikan terbaik bagi hidup kita. Tidak hanya nanti tetapi juga dalam masa kemudaan kita saat ini.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan Yesus tolong aku dalam menggunakan waktu anugerah-Mu untuk melakukan segala hal seturut dengan kehendak-Mu

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon