MENYENANGKAN SEMUA ORANG….BISA??

Galatia 1:10

10 Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus.

Sobat Teruna, sebagai remaja kita sering terjebak dalam tindakan-tindakan yang didorong oleh karena kita ingin orang lain suka terhadap kita. Kita terlalu kuatir tentang apa yang orang lain pikirkan terhadap kita. Banyak yang ingin tampil “wah” agar orang lain terkesan. Memakai smartphone keluaran terbaru yang harganya selangit hanya agar diperhatikan oleh teman-teman, padahal belum membutuhkan gadget secanggih itu. Atau kita memiliki kebiasaan selalu mentraktir teman-teman, ataupun menonton bioskop, padahal uang itu seharusnya untuk hal-hal lainnya. Semua itu hanya agar orang lain terkesan terhadap kita.

Sebenarnya hal dimana kita ingin membuat orang lain senang terhadap kita itu adalah hal yang wajar. Pada dasarnya manusia itu ingin selalu diterima oleh lingkungannya. Kenyataannya adalah kita tidak bisa selalu membuat orang lain terkesan terhadap kita. Kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol apa yang orang lain pikirkan. Jika kita terus menerus berusaha untuk membuat orang lain senang, akhirnya kita akan stres sendiri jika tidak diterima oleh orang lain. Tuhan Yesus pun datang ke dunia ini bukan untuk membuat semua orang senang, bahkan banyak yang tidak senang akan kehadiran Yesus. Namun Yesus tidaklah fokus akan apa yang orang banyak pikirkan terhadap Dia. Yang menjadi fokus-Nya adalah kehendak Bapa yang mengutus-Nya.

Sobat Teruna, kita tidak akan pernah bisa membuat semua orang suka terhadap kita, bahkan bukan itu yang Tuhan inginkan dalam hidup kita. Jika kita mengalami kendala tidak diterima oleh teman-teman kita, kita menyerahkan teman-teman kita itu di dalam doa. Kita terus berbuat kebaikan dan mengarahkan diri kita untuk selalu memuliakan nama-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Yesus, aku mau hidup menjadi hamba-Mu. Jauhkanlah diriku dari sikap-sikap yang mencari perkenanan manusia dan hanya perkenanan-Mu-lah yang menjadi tujuan hidupku. .

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon