PAPA ADALAH MUSUH

Efesus 6:1-4

1 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. 2 Hormatilah ayahmu dan ibumu -- ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: 3 supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. 4 Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Rommy 16 tahun, tak memiliki hubungan yang harmonis dengan papanya. Baginya papa adalah musuh. Saat papa Rommy ada di rumah, rasanya seperti di neraka. Tidak ada istilah “Home Sweet Home”. Mereka sering bertengkar bahkan nyaris beradu fisik kalau tidak dihalangi mamanya. Itu sebabnya, Rommy lebih memilih menginap di rumah teman atau bermain game online di warnet sampai dini hari, supaya tak bertemu papanya.

Hari itu saat mengikuti IHMPT, Rommy tertegun mendengar firman yang disampaikan kakak layan tentang hukum taurat kelima, “Hormatilah ayahmu dan ibumu supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” Seusai IHMPT, Rommy bertanya kepada kakak layannya, apakah dia harus menghormati papanya yang sering marah-marah bahkan ringan tangan, seperti bunyi hukum taurat kelima. Kakak layan Rommy kemudian memberi nasehat, “Rommy, peraturan atau perintah itu harus dilakukan. Karena itu perintah Tuhan. Enggak ada pengecualian. Harus dipatuhi. Pada Hukum Taurat kelima, kan Tuhan enggak bilang bahwa: Hormatilah ayahmu dan ibumu, jika mereka ayah dan ibu yang baik. Itu berarti, kamu harus tetap menghormati papamu, apa pun sifat dan keadaannya. Mungkin sulit karena kamu sering salah paham dengan papamu, tapi sekesal apa pun, kita mesti menaati perintah Tuhan. Berdoalah. Mintalah agar Tuhan mengubah papamu dan memberi kamu kasih dan kesabaran untuk menghadapi papamu.”

Sobat Teruna, mungkin kita pernah mengalami masalah dengan orang tua. Tapi seperti bacaan firman hari ini, kita harus tetap taat dan menghormati orang tua kita (ayat 1) apa pun kondisi mereka, karena ganjarannya adalah kebahagiaan dan umur panjang (ayat 3).

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Allah Bapa yang baik, ajar aku untuk selalu menghormati orangtuaku karena itu perintah-Mu. Mampukan aku mengasihi mereka apa pun keadaan mereka.