TERTEKAN TETAPI MAKIN KUAT


Habakuk 3:17-19

17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam Tuhan, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. 19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.

Di sekolah kita belajar tentang pegas. Bila ditekan, maka pegas memiliki kekuatan untuk mendorong balik. Semakin kuat ditekan maka gaya tolak pegas semakin kuat. Pegas yang bagus tentunya memiliki gaya dorong atau tolak yang sangat kuat. Saat diberi tekanan atau beban, dia tidak akan rusak.

Sobat Teruna, nabi Habakuk juga memiliki kekuatan iman seperti pegas tersebut. Dalam kondisi tertekan, dia tetap kuat. Bahkan bisa menolak pikiran negatif dan tetap bersyukur. Pada masa hidupnya, bangsa Israel sedang dalam kesulitan dan kesedihan. Mereka ditindas oleh bangsa asing. Pohon ara, pohon anggur, pohon zaitun, kambing domba dan lembu sapi merupakan lambang kemakmuran pada masa itu (ay 17) digambarkan begitu menyedihkan. Digambarkan bahwa pohon yang merupakan tempat bertumbuhnya buah yang menjadi makanan mereka, tidak berbuah. Begitu pun ternak yang biasa mereka miliki, tidak menghasilkan apa pun. Bisa diartikan bahwa mereka kala itu sangat kekurangan dan merasa jauh dari berkat Tuhan.

Sobat Teruna, nabi Habakuk punya alasan kenapa dia tetap kuat saat hidupnya dan bangsanya tertindas. Dia punya harapan kepada pertolongan Tuhan (ay 18). Habakuk mengimani rencana Tuhan secara jangka panjang (ay 19). Seperti pegas yang kuat menolak kalah saat tertekan, marilah kita juga menolak semua pikiran negatif di sekitar kita. Tetap berharap kepada Tuhan. Bacalah Alkitab dan galilah bagaimana Tuhan menyertai Yusuf, Musa, Yosua dan Daniel. Tuhan yang sama, yang telah memelihara mereka, juga mampu dan mau memelihara kita. Adakah kita beriman kepada-Nya?

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus dalam kesedihan dan kemalangan, aku hanya berharap kepada-Mu. Biarlah aku meihat dan merasakan kasih-Mu dalam hidupku. Buatlah imanku makin kuat dan teruji.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon