TERUNA YANG PEKA

14 Nov 2017

 

 

Imamat 19:32-34

 

32 Engkau harus bangun berdiri di hadapan orang ubanan dan engkau harus menaruh hormat kepada orang yang tua dan engkau harus takut akan Allahmu; Akulah Tuhan. 33 Apabila seorang asing tinggal padamu di negerimu, janganlah kamu menindas dia. 34 Orang asing yang tinggal padamu harus sama bagimu seperti orang Israel asli dari antaramu, kasihilah dia seperti dirimu sendiri, karena kamu juga orang asing dahulu di tanah Mesir; Akulah Tuhan, Allahmu

 

Dunia memang penuh dengan berbagai bentuk ketidakadilan yang dilakukan manusia-manusia serakah dan egois. Namun apakah kita akan menjadi sama dengan dunia ini (Roma 12:2)?. Beberapa hari ini saya sedang merenungkan lagu dari seorang artis Kristen, Micah Tyler, berjudul “Shine”, di mana jika beberapa liriknya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah seperti berikut:

 

“Jangan menjalani hidup Anda dengan mencoba hidup pada saat ini saja Kembang api datang dan pergi Sebab saat semuanya memudar seperti musim, katakan padaku Apa yang harus kamu tunjukkan?

 

Karena Anda bukan kecelakaan kosmis Anda dibuat dengan luar biasa Dan niat-nya untuk menciptakan Anda adalah agar Anda bisa hidup seperti ini ...

 

Kita harus bersinar, bersinar, bersinar seperti bintang di langit Dan kita harus hidup hidup, hidup, seperti kita rela mati Dan kita harus membuka diri dan mencintai untuk menunjukkan bahwa kita lebih dari sekadar apa yang bisa dilihat oleh mata”

 

Micah Tyler mengajak kita untuk menjalani hari-hari ketidakadilan di bumi dengan menjadi orang yang berbeda seperti maksud Tuhan menciptakan kita. Sehingga sudah seharusnya teruna Kristus menjadi teruna yang lebih dari sekadar terlihat oleh mata, hormat kepada orang tua dan hidup takut akan Tuhan (ay. 32), mengasihi semua orang baik keluarga sendiri maupun orang asing (ay.33-34), dan pastinya berbuat adil dalam segala yang kita lakukan (ay.35). Mari mulai hari ini, mari kit bangun hari-hari kita menjadi teruna yang lebih PEKA - PEduli dengan KAsih kepada semua orang yang kita temui dan membangun masyarakat yang lebih PEKA menuju keadilan bersama di masa depan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan buat aku menjadi teruna yang PEKA terhadap sesamaku sehingga bersama teruna-teruna-Mu yang tersebar di penjuru GPIB, berperan aktif membangun masyarakat yang PEKA dan hidup lebih adil lagi di masa yang akan datang.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon