STANDAR KASIH

Imamat 19:35-37

35 Janganlah kamu berbuat curang dalam peradilan, mengenai ukuran, timbangan dan sukatan. 36 Neraca yang betul, batu timbangan yang betul, efa yang betul dan hin yang betul haruslah kamu pakai; Akulah Tuhan, Allahmu yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir. 37 Demikianlah kamu harus berpegang pada segala ketetapan-Ku dan segala peraturan-Ku serta melakukan semuanya itu; Akulah Tuhan.”

Hampir di setiap bagian dalam Imamat 19 ini, terdapat kata penekanan: “Akulah TUHAN, Allahmu”. Hal ini menyatakan bagaimana Allah menghendaki penempatan diri-Nya sebagai satu-satunya standar yang berlaku dalam segala hal terkait hubungan vertical (manusia dengan Tuhan), dan hubungan horizontal (manusia dengan manusia lainnya).

Seperti apakah standar yang Allah tetapkan untuk mendasari hubungan itu?Allah menetapkan KASIH sebagai standar-Nya. Dengan kasih, manusia dapat berinteraksi dengan Tuhan dan menempatkan Tuhan sebagai kekasih hatinya di atas segala-galanya. Dengan kasih yang sama pula, manusia dapat berinteraksi dengan sesamanya untuk mewujudkan keadilan di antara mereka, begitu pun kebaikan, dan damai sejahtera di tengah-tengah mereka.

Adakah sobat Teruna mengaku bahwa Tuhan adalah Tuhan dan Juruselamat kita? Dan adakah sobat Teruna pernah merasakan kasih yang Tuhan berikan? Jika ya, maka sudah seharusnya kita menerapkan standar kasih Tuhan dalam setiap aktivitas kehidupan kita, mulai dengan adil pada diri sendiri dalam bentuk; adil dalam mempersiapkan diri saat belajar dan menghadapi evaluasi, dan adil dalam menggunakan serta memanfaatkan waktu yang Tuhan berikan. Pun adil pada sesama dalam bentuk; adil dalam menerjemahkan kasih Allah di tengah pergaulan dengan tidak membedakan teman satu dengan lainnya, serta dengan selalu mengusahakan pendamaian di tengah-tengah pergaulan kita. Hidup dalam standar Allah sungguh mendatangkan damai sejahtera, karena anugrah Allah sudah dipersiapkan bagi kita yang sungguh menerapkan kasih sebagai standar kehidupannya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ajari Terimakasih untuk anugerah kasih yang Kau berikan padaku, Tuhan, sehingga aku dapat merasakan damai sejahtera-Mu dalam setiap segi kehidupanku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon