TUHAN ADIL DALAM SETIAP PERKARA

22 Nov 2017

 

 

 

I Tawarikh 4:9-10

Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: “Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan.” 10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

 

Bagi sebagian orang termasuk bangsa Israel, nama seseorang memiliki arti tertentu. Di balik nama yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya yang baru lahir, terdapat doa serta harapan tertentu agar kelak anak tersebut memiliki karakter seperti arti nama yang disandangnya. Seperti halnya kedua orangtua saya menamai saya dengan nama Irene yang artinya damai. Mereka berharap agar kelak anak perempuannya dapat membawa kedamaian di mana pun berada. Nah, kalau sobat Teruna sudah tahu arti namanya sendiri belum?

 

Terkadang ada orangtua yang memberikan nama yang unik kepada anak-anaknya bahkan ada juga yang ternyata di balik nama yang diberikan memiliki arti yang kurang baik. Hal ini dialami oleh Yabes. Latar belakang sang Ibu memberi nama Yabes kepada anaknya juga memiliki alasan khusus. Yabes artinya penderitaan yang sangat hebat, baik secara fisik maupun mental. Sang Ibu menderita sakit yang teramat sangat melebihi sakit bersalin normal saat melahirkan, sehingga ia memberi nama anaknya Yabes.

 

Yabes merasakan bagaimana memiliki nama yang berarti penyebab kesakitan. Sejak kecil Yabes harus menanggung penderitaan akibat namanya, yang tidak seharusnya ditanggungnya. Sampai pada akhirnya Yabes berdoa kepada Tuhan. Dalam doanya, Yabes mencurahkan seluruh isi hatinya atas ketidakadilan yang ia rasakan. Yabes meminta kepada Tuhan agar senantiasa diberkati, disertai dan dilindungi dari malapetaka dan Tuhan menjawab doanya.

 

Sobat teruna, Yabes memberikan kita pelajaran berharga. Ketika kita merasa diperlakukan secara tidak adil oleh orang lain carilah Tuhan. Pembelaan-Nya nyata untuk kita, sobat.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Bapa, ketika aku diperlakukan secara tidak adil, ajari aku untuk terus percaya akan penyertaan dan pertolongan Tuhan.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon