LAWANLAH GODAAN!

 

Habakuk 3:17-19

17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, 18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam Tuhan, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. 19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku.

 

Perjalanan hidup orang percaya tidak selalu lancar tanpa masalah. Sebagai pelajar Kristen, kita tidak selalu lancar dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Di tengah keluarga mungkin kita sering mengalami perselisihan dengan orangtua, kakak dan adik. Di sekolah kita juga berhadapan dengan teman yang usil bahkan memfitnah kita. Kita juga mungkin mengalami kesulitan ekonomi. Begitu banyak masalah dan kesulitan yang kita hadapi setiap hari. Mengapa Tuhan mengijinkan orang pilihan-NYA mengalami masalah?

Bagi bangsa Yehuda yang hidup dari pertanian, kondisi di mana pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, kambing domba terhalau dari kurungan dan tidak ada lembu sapi dalam kandang (ayat 17), sangatlah berat. Itu berarti tiada bahan makanan untuk kelangsungan hidup. Namun Nabi Habakuk menunjukkan pentingnya selalu memuji Allah, satu-satunya Sumber Kekuatan dan Penyelamat sejati ayat 18-19) dalam menghadapi segala permasalahan yang ada.

Sobat Teruna, apa yang terjadi dalam kehidupan kita, tidak terjadi di luar pengamatan Tuhan. Suka atau pun duka, berhasil atau pun gagal, semua Tuhan izinkan terjadi. Tuhan ingin kita hidup benar di hadapan-Nya. Tuhan ingin kita hidup karena iman percaya kepada-NYA. Iman kepada Tuhan diuji melalui saat-saat sulit. Jika kita hidup oleh iman percaya kepada Tuhan maka apa pun masalah, kesukaran, kondisi tidak enak yang kita alami, damai sejahtera Allah yang melampaui segala hal akan menyelamatkan dan menguatkan kita melaluinya. Kita akan tetap bersukacita, bersorak-sorai dan beria-ria di dalam Allah. Mari kita menyelidiki apakah kita sudah hidup benar di hadapan Tuhan, apakah kita selalu berdoa dan membaca firman-Nya agar iman percaya kita tetap teguh?

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, dampingi aku melalui permasalahan dan kesulitan hari ini. Berikan iman yang teguh agar aku menang dalam setiap permasalahan dan kesulitan hari ini.