SANG PERANCANG TERBAIK

Yeremia 29:11

11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Rafi Fadila sebelumnya tidak pernah bermimpi akan berbicara di satu panggung dengan Presiden Jokowi. Pada peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli lalu, Rafi yang baru kelas 6 SD tanpa sungkan menyatakan cita-citanya untuk menjadi youtuber kepada Jokowi. Alasan Rafi jika menjadi youtuber (pengunggah video di youtube) bahwa semakin banyak subscriber (pengikut), maka semakin besar uang yang didapat. Wah, mungkin dia terinspirasi Awkarin, yah.

Bangsa Israel sedang dalam masa pembuangan di Babel. Menjadi orang terbuang pastilah sulit karena mengalami pahitnya diskriminasi dan kekacauan hidup sebagai warga kelas dua di sana. Cita-cita mereka saat itu pastinya ingin merdeka. Tetapi Yeremia menyurati saudara-saudaranya di pembuangan dan menekankan bahwa mereka harus siap untuk tinggal lebih lama di Babel. Yeremia menguatkan orang buangan untuk ikut mengusahakan kesejahteraan Babel dan berdoa untuk kota itu (ay.7). Allah berfirman bahwa mereka harus menunggu selama tujuh puluh tahun baru Ia akan memerhatikan mereka. Meskipun begitu lama harus menunggu dan terkesan Allah memusuhi mereka, namun mereka diyakinkan bahwa sejak permulaan pembuangan itu Allah bermaksud untuk memberikan masa depan yang penuh harapan. Itu adalah desain Allah.

Sobat Teruna, ada proses yang panjang, melelahkan dan terkadang menyakitkan untuk menggapai cita-cita. Tugas, ujian bahkan dana yang tidak sedikit harus dikeluarkan. Kita beriman kepada Allah yang memerintah di atas segala sesuatu, termasuk segala masalah kita. Pengalaman bangsa Israel membuktikan Tuhan selalu menyertai umat-Nya dalam kesusahan dan keterbatasan kita. Jangan pernah luntur dan gentar iman. Yakinlah bahwa kita masuk di dalam rancangan damai sejahtera Allah, dan Ia akan bertindak pada kesempatan yang tepat.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Terima kasih Tuhan untuk janji-Mu akan masa depan yang penuh harapan. Aku mau bersandar kepada Engkau saja dan menyerahkan setiap keinginanku serta masa depanku ke dalam rancangan-Mu yang indah.

1 ) 4 pekan yang mengawali masa raya Natal, yakni masa persiapan sebelum Hari Natal 25 Desember.