TAMPIL BEDA


Efesus 2:13-14

13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu “jauh”, sudah menjadi “dekat” oleh darah Kristus. 14 Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan

“Yesus briku nampakkan perangai-Mu. Hidup suci penuh cahya kasih-Mu. Asuh daku terus oleh Rohul Kudus, hingga nampaklah Yesus di hidupku.” Lagu ini sering dinyanyikan oleh teruna pada saat IHMPT.

Sobat Teruna, sebuah pengaruh akan memberikan sebuah nilai, bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Kita sebagai orang percaya sudah sepatutnya memberi pengaruh bagi sekitar kita melalui sikap, perkataan dan pikiran kita dalam kehidupan sehari-hari sesuai kehendak Tuhan, peduli dan berbagi kasih dengan sesama serta selalu menjadi pembawa damai sejahtera. Ketika kita bergaul dan berbaur dengan teman-teman, atau bahkan ketika kita menolong teman kita, tidak selamanya menjadi indah karena mungkin orang yang kita tolong ternyata tak menghargai pemberian kita. Tetapi jangan kecewa, teruslah berbuat baik, tidak perlu menunggu pujian dari orang lain. Tujuan kita hanya untuk menyenangkan Allah Sang Pencipta, bukan untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

Sobat Teruna, mari kita melihat ayat 13 dari pembacaan kita hari yang menceritakan tentang keadaan orang Yahudi dan non Yahudi. Bangsa Yahudi merasa sebagai bangsa pilihan Allah, dan lainnya sebagai bangsa yang tidak mengenal Allah atau bangsa kafir. Status ini seringkali menyebabkan bangsa Yahudi menjadi sombong karena merasa lebih dari bangsa yang lain. Ternyata bangsa Yahudi mengenal Tuhan hanya teori saja. Seharusnya ketika kita mengatakan bahwa kita mengenal Tuhan, maka perbuatan, tindakan dan pikiran kita berbeda dari mereka yang tidak mengenal Tuhan. Kita semakin menyadari bahwa semua orang adalah sama di hadapan Tuhan. Tuhan memerintahkan kita untuk saling menolong sesama kita, maka mari kita lakukan tanpa bersungut-sungut, tanpa mengharapkan pujian.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus yang baik, tolonglah aku menjadi pelaku firman Tuhan di mana pun aku berada. Ajar aku agar mampu menampakkan perangai-Mu.