KESEDERHANAAN

15 Dec 2017

 

 

I Raja-raja 17:17

17 Sesudah itu anak dari perempuan pemilik rumah itu jatuh sakit dan sakitnya itu sangat keras sampai tidak ada nafasnya lagi.

 

Jim Whiters adalah seorang dokter di Pittsburgh, Pennsylvania yang rela berdandan di malam hari layaknya seorang gelandangan setiap malam. Ia mengenakan pakaian lusuh sambil membawa tas usang dan berkeliling kota bersama temannya Mike Sallows, seorang mantan gelandangan. Jim berpenampilan seperti itu bukan tanpa tujuan. Ia melakukannya supaya dapat mengobati para tunawisma yang ditemuinya dalam keadaan sakit di jalanan. Sambil membawa tas punggung berisi obat-obatan, ia menghampiri para tunawisma di pinggir pinggir jalan hingga di bawah kolong jembatan. Jim menyadari masih banyak tunawisma yang tidak mendapat layanan kesehatan yang semestinya.

 

Sobat Teruna, Tuhan memerintahkan nabi Elia datang kepada seorang janda miskin yang hidup bersama anaknya yang akan segera berakhir hidupnya. Karena tidak ada makanan lagi, janda ini hidup dalam kesederhanaan total alias miskin sekali. Namun ia rela membagikan makanan terakhir yang dimilikinya kepada nabi Elia. Janda tersebut bukanlah orang yang kaya. Dia melakukan hal yang sederhana. Memberi dari apa yang dia punya.

 

Sederhana adalah sikap hati orang yang tidak melekat pada hal-hal duniawi. Ia tidak mencari ketenaran atau popularitas dan tidak megejar kehormatan diri. Hatinya tulus dan bersih. Sebab kesederhanaan hidup bergantung pada kesederhanaan hati. Menjadi sederhana sama sekali tidak rumit meski sulit, yang harus dilakukan berkaca pada Yesus atau belajar menjadi serupa dengan Yesus. Mari kita mulai dengan melakukan hal hal yang juga sederhana, seperti menolong mama mencuci piring, menolong adik mengerjakan PR, membukakan pintu bagi yang membutuhkan, memberikan buku-buku bekas kepada yang memutuhkan dan banyak lagi. Lakukanlah, pasti senang ketika hidup kita bisa berdampak bagi orang lain.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Yesus, tolong aku agar hidupku berdampak bagi banyak orang dan memuliakan-Mu.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon