“ITU NAMANYA IMAN……”

19 Dec 2017

 

 

Matius 4:18-20

18 Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. 19 Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” 20 Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.

 

Beberapa waktu lalu, ada video mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, di chanel youtube @pemprovDKI yang sempat popular. Di video itu, Ahok terlihat marah saat sedang memimpin rapat di Balai Kota. Tidak jelas apa yang membuat Ahok marah, namun cuplikan video itu mengangkat pernyataan Ahok yang mencengangkan, sebagian bunyinya seperti ini: “Saya beriman sama Tuhan. Sungguh-sungguh beriman. Maka saya enggak pernah takut kehilangan jabatan. Bahkan nyawa saja saya enggak takut. Karena saya tahu ke mana saya akan pergi kalau saya mati. Itu namanya iman.”

 

Sobat Teruna, iman yang ditunjukkan Ahok, tak jauh beda dengan iman yang ditunjukkan Simon Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes, empat murid pertama yang dipanggil Yesus untuk mengikut-Nya. Dalam bacaan firman hari ini diceritakan bahwa Simon Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes memiliki pekerjaan sebagai nelayan. Saat bertemu Yesus dan diajak untuk mengikuti-Nya, mereka tak ragu meninggalkan pekerjaan yang telah digeluti selama bertahun-tahun (ayat 20 dan 22). Kalau dipikir-pikir, mungkin mudah bagi Simon Petrus, Andreas, Yakobus dan Yohanes untuk mengikut Yesus, kalau mereka adalah pengangguran. Nyatanya, mereka memiliki pekerjaan yang memberi nafkah hidup, tapi mereka rela meninggalkannya untuk mengikut Yesus, tanpa mengetahui apa bentuk pekerjaan baru mereka.

 

Sobat Teruna, beriman kepada Tuhan memang mudah diucapkan, tapi seringkali susah dipraktekan. Melalui bacaan firman hari ini, kita bisa belajar dari empat murid, bahwa mengikut Yesus butuh tindakan nyata. Saat kita sungguh-sungguh beriman kepada Yesus, tak perlu ada kekuatiran akan apa pun. Sebab, tak ada yang lebih menjanjikan kehidupan yang lebih baik, selain Sang Sumber Hidup, yaitu Yesus Kristus.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Yesus, aku sadar bahwa mengikut-Mu bukanlah hal mudah. Tapi ajari aku untuk sungguh-sungguh beriman, bahwa mengikut-Mu memberi aku hidup yang kekal.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon