TITIK BALIK

21 Dec 2017

 

 

Lukas 19:1-10

Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu. Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya. Ia berusaha untuk melihat orang apakah Yesus itu, tetapi ia tidak berhasil karena orang banyak, sebab badannya pendek. Maka berlarilah ia mendahului orang banyak, lalu memanjat pohon ara untuk melihat Yesus, yang akan lewat di situ. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: “Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu.” Lalu Zakheus segera turun dan menerima Yesus dengan sukacita. Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: “Ia menumpang di rumah orang berdosa.” Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham. 10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.”

 

Asmirandah Zantman berkecimpung di dunia akting sejak awal tahun 2000. Namanya masuk dalam jajaran artis sinetron papan atas karena sinetron yang dibintanginya meraih rating tertinggi. Ketika sinetron dan film religi booming pada tahun 2008-2010, Asmirandah yang berpenampilan sopan dan lembut, menjadi artis yang paling sering mendapat tawaran. Tapi pada tahun 2013, dia tiba-tiba menghilang dari dunia hiburan karena pindah keyakinan dari Islam menjadi Kristen. Dia harus rela kehilangan popularitas, bahkan sumber pendapatan. Asmirandah dikabarkan pindah keyakinan karena menikah dengan Jonas Rivanno, yang juga aktor sinetron. Namun dalam video kesaksiannya, Asmirandah mengaku menjadi Kristen bukan karena mengikuti suaminya. “Saya menjadi pengikut Kristus karena pilihan. Memang bukan sejak lahir, tapi puji Tuhan bukan saya yang memilih, melainkan Tuhan sendiri yang memilih saya” kata Asmi-randah.

 

Sobat Teruna, pengalaman iman Asmirandah, tak jauh berbeda dengan apa yang dialami Zakheus dalam bacaan kita hari ini. Sekilas cerita ini menggambarkan bagaimana usaha Zakheus sampai memanjat pohon untuk berjumpa Yesus. Namun titik balik yang membuat Zakheus memutuskan mengubah jalan hidupnya adalah ketika Yesus menyapa dan memilih menginap di rumahnya (ayat 5). Pernyataan Yesus pada Zakheus membuatnya bersukacita. Bahkan Zakheus tak ingin Yesus berubah pikiran, ketika banyak orang mempertanyakan mengapa Yesus menginap di rumahnya (ayat 6-7). Itu sebabnya, Zakheus langsung berkata, “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan ku kembalikan empat kali lipat.” Keputusan Zakheus itu menunjukkan kalau diatak ragu kehilangan harta dan mengubah cara hidupnya, sebab dia memperoleh sukacita dan keselamatan setelah berjumpa Yesus.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Terima kasih Tuhan Yesus, karena Engkau berkenan memilihku. Ubahlah cara hidupku yang lama, agar aku berkenan menjadi pengikut-Mu.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon