KARENA KAMU BEGITU BERHARGA

2 Jan 2018

 

 

Kejadian 1:26-28

26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” 27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. 28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

 

Salah satu produk kecantikan yang terkenal dari Paris memiliki slogan ‘Karena Kamu Begitu Berharga’. Slogan ini selalu dicelotehkan oleh brand ambassador mereka di akhir iklannya. Apakah sobat Teruna sudah merasa “begitu berharga”?

 

Bacaan hari ini menjadi dasar jawaban dari pertanyaan di atas. Hidup kita, manusia dengan berbagai keunikannya, memang begitu berharga di mata Tuhan karena: 1. manusia adalah ciptaan paling akhir dan sempurna; 2. hanya manusia yang dikatakan segambar dan serupa Allah (ay. 26); 3. hanya manusia yang diberi kekuasaan atas seluruh bumi (ay. 26); dan 4. hanya manusia yang secara eksplisit di Alkitab dinyatakan sebagai laki-laki dan perempuan.

 

Wow! Bukan sekadar itu, Alkitab mulai dari kitab Kejadian hingga Wahyu berisi kumpulan kisah bagaimana manusia sungguh berharga di mata-Nya (Mat 10:30; Mzm 139:13-16). Walaupun gagal dan jatuh dalam dosa (Roma 1:25; Kej, 2:17), Tuhan datang menyelamatkan melalui darah penebusan putera-Nya (Roma 5:8,10). Manusia pun beroleh hidup baru (2 Kor 5:17) yang diubah terus menerus oleh Roh Kudus (Yoh 16:7; Kis 1:8) dan dipanggil untuk memberitakan kabar penebusan kepada dunia (Mat 5:44, Efs 2:10), sehingga kelak pada saatnya kita yang bertekun layak untuk memperoleh kehidupan kekal (Yoh 14:3; Why 22:4).

 

Sudah jelas bukan bagaimana kita berharga di mata-Nya. Kalau begitu, mari jalani kehidupan yang berharga ini dengan penuh sukacita dan bagikanlah lagi kepada orang lain. Mulailah dari hal yang sederhana dengan mengatakan: “Karena Kamu Begitu Berharga” kepada orang yang kita jumpai hari ini.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Yesus, ku bersyukur karena aku begitu berharga di mata-Mu. Hari ini secara khusus aku mendoakan orang-orang yang tidak mengenal-Mu, yang patah semangat, tersakiti, merasa tidak dihargai atau hak asasi-nya dirampas, hampiri mereka, ya Bapa. Beri mereka pengharapan sehingga mereka tahu bahwa apa pun yang terjadi dalam kehidupan ini, mereka memiliki-Mu yang menghargai dan mencintai mereka.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon