7 (TUJUH)

3 Jan 2018

 

 

Kejadian 2:1-4a

Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. 2 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu. Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan.

 

Sobat Teruna, kehidupan kita selalu berhubungan dengan angka. Mulai dari tanggal lahir sampai nomor urut siswa, jam, harga, dan masih banyak lainnya. Ketika kita kembali pada kisah penciptaan, kita juga mendapati angka-angka tertulis dengan saksama, menunjukkan urutan penciptaan langit, bumi dan isinya. Angka-angka tersebut berakhir dengan angka 7 yang dapat ditemukan di ayat 2 dan 3 pada bacaan hari ini.

 

Angka 7 menjadi angka yang menonjol dan tertera lebih dari 735 kali dalam Alkitab. Sungguh menarik untuk diketahui bahwa Tuhan berhenti mencipta dan beristirahat di hari ke-7. Tujuh kemudian diartikan sebagai jumlah lengkap dan kesempurnaan. Makna lain yang bisa kita uraikan pada proses penciptaan adalah jika 7 adalah nomor Tuhan yang berarti kesempurnaan dan kelengkapan, maka 6 adalah nomor manusia (diciptakan di hari yang ke-6). Enam selalu kurang dari tujuh, sama seperti “semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” (Roma 3:23). Sehingga manusia bukanlah Tuhan, sama seperti 6 bukanlah 7. Kembali kita diingatkan bahwa, seberapa kuat, pintar, dan besarnya kita, Tuhan Sang Pencipta jauh melampaui kita dan hanyalah Dia yang layak mendapat seluruh puji dan sembah.

 

Diawali dengan kitab Kejadian (Kej 2:3) dan diakhiri dengan kitab Wahyu (Why 21:9), sobat Teruna dapat dengan mudah menemukan angka 7 dengan berbagai makna. Hendaknya bukan angka 7 yang menjadi angka yang dijunjung tinggi (mistis, the lucky seven, dsb), tetapi Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus dapat memakai apa saja untuk menyatakan karya-Nya yang sempurna bagi seluruh ciptaan-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus, Engkau menyatakan kesempurnaan dari segala ciptaan-Mu pada hari ke-7. Biarkanku selalu mengingat bahwa Engkaulah yang Awal dan Akhir sehingga aku mempersembahkan seluruh hariku di bumi hanya kepada-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon