MENYEMBAH HANYA KEPADA ALLAH

12 Jan 2018

 

 

Yosua 24:13-14

13 Demikianlah Kuberikan kepadamu negeri yang kamu peroleh tanpa bersusah-susah dan kota-kota yang tidak kamu dirikan, tetapi kamulah yang diam di dalamnya; juga kebun-kebun anggur dan kebun-kebun zaitun yang tidak kamu tanami, kamulah yang makan hasilnya. 14 Oleh sebab itu, takutlah akan Tuhan dan beribadahlah kepada-Nya dengan tulus ikhlas dan setia. Jauhkanlah allah yang kepadanya nenek moyangmu telah beribadah di seberang sungai Efrat dan di Mesir, dan beribadahlah kepada Tuhan.

 

Pernahkah kita menghitung berapa banyak berkat yang Tuhan berikan kepada kita sepanjang hidup kita? Tahukah kita seberapa banyak ancaman bahaya yang diluputkan-Nya dari kita sepanjang hidup kita? Sadarkah kita berapa banyak hati orang-orang yang mendengki kepada kita, diubahkan-Nya menjadi damai sejahtera? Lalu kenapa kita hitung-hitungan dengan Tuhan saat hendak berdoa supaya doanya jangan panjang-panjang? Lalu kenapa kita masih hitung-hitungan dengan sesama kita mana yang sering “baik” kepada kita dan mana yang tidak? Bangsa Israel mengenal siapa Tuhan Allah, bahkan mereka benar-benar menyaksikan mujizat Tuhan di kala itu, tapi mereka masih juga menyangkal Tuhan dengan menyembah allah-allah lain.

 

Bacaan kita hari ini adalah nasihat Yosua di masa tuanya kepada Israel. Yosua mengingatkan kembali peran Allah dalam pembebasan mereka dari tanah Mesir dan bagaimana Tuhan memelihara mereka di sepanjang perjalanan menuju tanah perjanjian, sekaligus Yosua juga “mengungkit” pengkhianatan yang dilakukan nenek-moyang mereka terhadap Allah, dengan tujuan supaya Israel teringat dan tidak mengulang kesalahan yang sama, dan tetap teguh dalam penyembahan mereka HANYA kepada Allah yang membebaskan mereka dari Mesir yang disembah oleh Abraham, Isak, dan Yakub nenek moyang mereka.

 

Umat Tuhan di masa sekarang, juga diingatkan untuk tetap setia dalam penyembahan terhadap Tuhan Allah, dengan sedikit pun tidak berpaling pada allah-allah dunia ini. Berkat dan perlindungan, juga janji penyertaan dan keselamatan dari-Nya, sebagai bukti nyata kemaha-Esa-an Tuhan kita yang harus selalu kita sembah dan muliakan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Terpujilah Engkau, Tuhan Allah-ku. Engkau yang memelihara kehidupanku sejak dahulu, sekarang dan sampai pada kesudahan yang Engkau tentukan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon