KEBENARAN YANG MEMERDEKAKAN


Yohanes 8:30-32

30 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya. 31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: “Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku 32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

Banyak orang merasa bila melakukan kebenaran dalam hidupnya justru menjadi beban, merasa tidak merdeka karena mesti berhati-hati dalam bertindak. Melakukan kecurangan dalam usaha, menyuap, saling sikut satu sama lain sudah menjadi bagian sehari-hari bagi sebagian orang. Seperti halnya menyontek, apa rasanya kalau budaya menyontek itu dilarang? Menyontek berarti berbohong dan berbohong itu adalah dosa. Sedangkan dosa harus dijauhkan dalam hidup kita dan menjauhkan dosa adalah tindakan kebenaran. Itu berarti kita sebagai teruna Kristen yang mau melakukan kebenaran, harus meninggalkan budaya menyontek bila masih melakukannya.

Yesus sedang mengajar orang banyak di Bait Allah, diantaranya ada pula orang-orang Farisi (pasal 8 :20). Mereka, menolak atau tidak menerima perkataan Yesus bahwa diri-Nya adalah terang dunia dan diutus oleh Bapa di Sorga (ayat 12,18). Orang orang Farisi itu merasa Yesus berbicara mengenai diri-Nya sendiri dan mengatakan bahwa kesaksian Yesus tidaklah benar. Hati mereka tertutup untuk menerima pengajaran Yesus, karena hati mereka diliputi kebencian dan ingin menangkap Yesus tetapi belum tiba saat-Nya. Berbeda dengan orang banyak yang mendengarkan pengajaran-Nya. Walaupun tidak memahami dengan jelas maksud perkataan Yesus, banyak diantara mereka yaitu orang-orang Yahudi yang percaya akan perkataan-Nya. Hati mereka mau terbuka untuk mendengarkan-Nya dan memercayai bahwa kesaksian Yesus adalah benar. Menerima kebenaran, yaitu Yesus yang adalah Firman yang hidup itulah yang memerdekakan mereka.

Sobat Teruna, kita jangan mau lagi dikuasai oleh dosa karena kita sudah dimerdekakan dalam Yesus Kristus. Senantiasalah hidup dalam kebenaran lewat tuntunan Firman Tuhan yang selalu kita baca setiap hari, untuk dapat melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus yang baik, aku sungguh bersyukur karena sudah dimerdekakan didalam Engkau dan mau terus hidup dalam kebenaran dengan melakukan kehendak-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon