DIA TUHAN YANG ADIL


Mazmur 11

1 Untuk pemimpin biduan. Dari Daud. Pada Tuhan aku berlindung, bagaimana kamu berani berkata kepadaku: “Terbanglah ke gunung seperti burung!” 2 Sebab, lihat orang fasik melentur busurnya, mereka memasang anak panahnya pada tali busur, untuk memanah orang yang tulus hati di tempat gelap. 3 Apabila dasar-dasar dihancurkan, apakah yang dapat dibuat oleh orang benar itu? 4 Tuhan ada di dalam bait-Nya yang kudus; Tuhan, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia. 5 Tuhan menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan. 6 Ia menghujani orang-orang fasik dengan arang berapi dan belerang; angin yang menghanguskan, itulah isi piala mereka. 7 Sebab Tuhan adalah adil dan Ia mengasihi keadilan; orang yang tulus akan memandang wajah-Nya.

Dalam setiap film action, biasanya pihak yang benar tidak selalu langsung menang. Mereka biasanya akan mengalami kekalahan terlebih dahulu. Pihak yang jahat biasanya yang akan terlebih dahulu menang.

Pertarungan antara yang benar dan jahat terjadi bukan hanya di film, tapi juga dalam kehidupan nyata. Si jahat seringkali terlihat menang dan orang yang benar mengalami kekalahan dan penderitaan. Hal ini nampaknya juga dialami oleh pemazmur. Dalam Mazmur 11:2, kita dapat melihat bagaimana pemazmur menyatakan bahwa orang jahat merentangkan busur dan memasang anak panahnya untuk membidikkannya kepada orang yang jujur (BIMK). Hal ini menunjukkan bagaimana orang jahat selalu menjadikan orang baik dan benar sebagai sasaran untuk disakiti. Oleh karena itu, tidak heran jikalau seringkali orang yang baik dan benar mengalami kemalangan atau pun penderitaan karena perbuatan orang-orang fasik (jahat). Meskipun demikian, hal ini seharusnya tidak menjadi sebuah alasan bagi kita untuk tidak berbuat benar. Mazmur 11:4-5 menyatakan bahwa Tuhan mengamat-amati manusia dari sorga. Dia menguji baik orang benar maupun orang fasik. Tuhan tidak tinggal diam. Dia melihat dari sorga dan karena Tuhan adil, maka Dia akan menghukum orang yang berbuat jahat dan melindungi orang yang benar (Maz. 11:6-7).

Sobat Teruna, mari kita tetap berbuat apa yang baik dan benar. Ingatlah bahwa Tuhan mengamati kita dari sorga dan karena Dia adalah Tuhan yang adil, maka Dia akan menghukum mereka yang berbuat kejahatan dan akan melindungi mereka yang berbuat benar.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan, tolong aku tetap setia melakukan apa yang baik dan benar karena aku tahu bahwa Engkau adalah Tuhan yang adil.