PILIH YANG BENAR, BERTINDAK YANG TEPAT, CHECK LIST.


Filipi 1:1-11

1 Dari Paulus dan Timotius, hamba-hamba Kristus Yesus, kepada semua orang kudus dalam Kristus Yesus di Filipi, dengan para penilik jemaat dan diaken. 2 Kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. 3 Aku mengucap syukur kepada Allahku setiap kali aku mengingat kamu. 4 Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. 5 Aku mengucap syukur kepada Allahku karena persekutuanmu dalam Berita Injil mulai dari hari pertama sampai sekarang ini. 6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus. 7 Memang sudahlah sepatutnya aku berpikir demikian akan kamu semua, sebab kamu ada di dalam hatiku, oleh karena kamu semua turut mendapat bagian dalam kasih karunia yang diberikan kepadaku, baik pada waktu aku dipenjarakan, maupun pada waktu aku membela dan meneguhkan Berita Injil. 8 Sebab Allah adalah saksiku betapa aku dengan kasih mesra Kristus Yesus merindukan kamu sekalian. 9 Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, 10 sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, 11 penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

Jika kita akan melakukan perjalanan berhari-hari, maka kita akan membuat daftar bawaan. Dari daftar yang kita siapkan, disortir lagi mana yang tetap dibawa atau tidak. Lalu akan dipikirkan apakah untung ruginya jika dibawa atau digantikan dengan barang lain. Yang tak kalah pentingnya, tindakan kita dalam mengantisipasinya agar tidak menjadi penyesalan atau hal yang merugikan bagi kita. Semuanya dipikirkan baik-baik sehingga kita yakin bahwa apa yang kita putuskan sudah tepat.

Surat Paulus dan Timotius kepada jemaat Filipi secara khusus para pelayan jemaat ini mengutarakan perasaan dan keterikatan Paulus dan Timotius kepada para pelayan. Paulus dan Timotius merasa bersyukur karena mereka tetap memelihara persekutuan yang dibangun dan keduanya percaya bahwa semua ini karena campur tangan Tuhan. Untuk itu, Paulus dan Timotius mengingatkan para pelayan Tuhan untuk melayani di dalam kasih, dalam pengetahuan dan pengertian yang benar agar dalam pelayanannya, mereka tetap dapat memilih yang baik, bertindak yang tepat di mata Allah dan terus membuahkan kebenaran karena dengan kesemuanya itu nama Yesus dipuji dan dimuliakan.

Sobat Teruna, hal tersebut juga seharusnya dilakukan tidak hanya oleh pelayan secara struktur di jemaat namun kepada setiap kita yang telah hidup di dalam Kristus. Siapa pun kita tentu saja dapat membangun dan memelihara persekutuan yang Tuhan nyatakan bagi kita asal dengan setia tetap tinggal di dalam-Nya. Tinggal di dalam Kristus berarti kita sedia dituntun hikmat-Nya untuk memilih yang tepat bagi kehidupan dan persekutuan kita, dan melakukan sesuatu dengan tepat untuk kelangsungannya. Hidup dalam perencanaan yang tepat. Ya. Itulah yang kita butuhkan agar kita tetap dalam genggaman kasih Tuhan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, peganglah tanganku, arahkan tiap langkahku, agar aku dapat memilih yang benar dan memutuskan yang tepat bagi hidupku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon