KRISTUS DATANG, DUNIA DIBENARKAN


 

I Yohanes 2:1-2

1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil. 2 Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.

 

Sejak masih di Pelkat Pelayanan Anak, di minggu-minggu menjelang Paskah, kita sering mendengarkan cerita kakak pelayan tentang kedatangan Tuhan Yesus ke dunia untuk menebus dosa manusia. Selain itu juga disampaikan tentang bagaiamana Yesus menanamkan makna keselamatan dalam setiap pengajaran-Nya. Hingga akhirnya karya keselamatan itu nyata ketika Tuhan Yesus menderita sengsara, disalibkan, untuk menebus dan menyelamatkan kita dari kuasa dosa. Karya keselamatan itu pun berpuncak ketika Tuhan Yesus menang dan menaklukan maut saat kebangkitan-Nya.

Sobat Teruna, bacaan kita hari menyampaikan sebuah pesan dasar yang harus diingat ketika kita telah hidup di dalam Kristus. Yohanes mengingatkan kita untuk senantiasa hidup dalam anugerah-Nya. Tentu saja bukan lagi hidup yang dikuasai oleh kehidupan dunia dan dosa, namun berada dalam terang firman Tuhan yang senantiasa melakukannya di setiap waktu dan tempat. Namun, tetaplah di setiap doa kita untuk selalu memohon pengampunan atas setiap hal yang terjadi dan keluar dari perintah-Nya. Kristus yang telah menyelamatkan kita adalah Sumber damai. Setiap orang yang bertelut memohon pengampunan kepada-Nya dan siap diubahkan, maka damai sejahtera dan terang kebenaran akan memenuhinya karena Kristus ada baginya.

Kalau begitu, apakah yang bisa kita lakukan saat ini? Yang pertama, tetap menjadi pemberita Injil-Nya melalui kata dan perbuatan adalah keputusan yang tepat bagi kita ya. Kalau bukan karena Kristus hadir di dalam kita tentulah kacau hidup ini. Yang kedua, tetap memohon pengampunan dan petunjuk-Nya agar kita terus selalu dibarui dan senantiasa menjadi berkat. Bukankah Kristus hadir ke dunia ini untuk menyatakan berkat-Nya yang paling besar, yaitu pengampunan dosa? Saatnya bersyukur!

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Kristus, Sumber damai, aku mohon Engkau senantiasa menguasai hidupku agar dapat selalu menyampaikan damai sejahtera dan keselamatan yang daripada-Mu di segala waktu dan tempat.