JADIKAN AKU BERARTI

9 Feb 2018

 

Yesaya 61:1-9

1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, 2 untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka “pohon tarbantin kebenaran”, “tanaman Tuhan” untuk memperlihatkan keagungan-Nya. Mereka akan membangun reruntuhan yang sudah berabad-abad, dan akan mendirikan kembali tempat-tempat yang sejak dahulu menjadi sunyi; mereka akan membaharui kota-kota yang runtuh, tempat-tempat yang telah turun-temurun menjadi sunyi. Orang-orang luar akan melayani kamu sebagai gembala kambing dombamu, dan orang-orang asing akan bekerja bagimu sebagai petani dan tukang kebun anggurmu. Tetapi kamu akan disebut imam Tuhan dan akan dinamai pelayan Allah kita. Kamu akan menikmati kekayaan bangsa-bangsa dan akan memegahkan diri dengan segala harta benda mereka. Sebagai ganti bahwa kamu mendapat malu dua kali lipat, dan sebagai ganti noda dan ludah yang menjadi bagianmu, kamu akan mendapat warisan dua kali lipat di negerimu dan sukacita abadi akan menjadi kepunyaanmu. Sebab Aku, Tuhan, mencintai hukum, dan membenci perampasan dan kecurangan; Aku akan memberi upahmu dengan tepat, dan akan mengikat perjanjian abadi dengan kamu. Keturunanmu akan terkenal di antara bangsa-bangsa, dan anak cucumu di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati Tuhan.

 

Pagi ini dengan raut muka berseri- seri, Johan pergi menuju tempat binaan LPKA Salemba untuk mengunjungi sahabatnya Nikcy, yang saat ini sedang dibina di sana. Sesampainya di tujuan, dengan rasa tak sabar ia cepat-cepat menuju ruang kunjungan untuk menemui sahabatnya. Dengan penuh sukacita dia menyampaikan kabar baik yang didengarnya dari orang tua Nicky bahwa masa binaan Nicky di tempat itu akan berakhir dua hari lagi. Namun dengan muka muram, Johan hanya menanggapi dengan dingin dan mengatakan bahwa percuma dia segera bebas karena toh lingkungan pasti akan memberikan penolakan dan kecurigaan kepadanya. Hal ini membuat Johan kembali melihat arti dirinya bagi Nicky.

 

Roh Allah ada pada nabi Yesaya. Yesaya diutus menyampaikan kabar baik kepada orang sengsara dan merawat orang yang remuk hati, memberitakan pembebasan kepada orang tawanan dan kepada orang yang terkurung kepelasan dari penjara. Allah yang akan mengubah kain kabung menjadi nyanyian puji-pujian. Akan dibangun kota-kota yang baru dari reruntuhan. Janji Allah begitu jelas bahwa Dia akan memberikan keturunan yang diberkati oleh-Nya.

 

Sebagaimana Johan yang melihat dirinya menjadi berarti, bagaimana dengan kita? Biarlah Roh Allah juga ada pada kita sehingga janji-janji Allah itu juga menjadi bagian kita. Kita bisa menjadi penyampai tahun rahmat Tuhan dan hari pembalasan Allah. Kita bisa menjadi penghibur bagi teman yang berkabung, dan banyak lagi yang bisa kita lakukan. Kenapa harus melakukan ini? Karena Allah yang telah terlebih dahulu menjadikan kita berarti sehingga apa yang kita lakukan selain menyenangkan Tuhan, kita juga memberi diri dan menjadi berarti bagi banyak orang di sekitar kita. Maukah?

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Terimakasih aku telah Engkau jadikan berarti. Ajarku juga untuk menjadi pembawa kabar sukacita buat sesamaku.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon