TELADAN IMAN: BUKAN BULLY, TAPI BERANI

12 Feb 2018

 

Kisah Para Rasul 4:23-26

23 Sesudah dilepaskan pergilah Petrus dan Yohanes kepada teman-teman mereka, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang dikatakan imam-imam kepala dan tua-tua kepada mereka. 24 Ketika teman-teman mereka mendengar hal itu, berserulah mereka bersama-sama kepada Allah, katanya: “Ya Tuhan, Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya. 25 Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia? 26 Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar berkumpul untuk melawan Tuhan dan Yang Diurapi-Nya.

 

Setelah Sobat Teruna yang dikasihi Tuhan, apakah kalian pernah di-bully (dihina, diancam, disakiti, dipukul atau diejek)? Atau pernahkah kalian melihat ada teman yang di-bully. Bagaimana perasaan kalian? Pasti tertekan, malu dan kecewa, bukan? Sebagai negara dengan kasus bully yang cukup besar, persoalan ini menjadi sesuatu yang membebani para remaja di Indonesia. Tidak jarang ada yang tidak mau ke sekolah, depresi atau bahkan berusaha mengakhiri hidupnya. Jika kita pernah mengalaminya, jangan putus asa karena Petrus dan Yohanes juga pernah menghadapi posisi yang sama dengan kita.

 

Dalam perikop yang kita baca pada saat ini, Petrus dan Yohanes di-bully dalam bentuk ancaman oleh Mahkamah Agama. Orang-orang yang harusnya menjadi teladan justru menyakiti perasaan kedua rasul dan teman-temannya. Yang menarik, dalam ayat 24b, terungkaplah sebuah keyakinan iman sekalipun mereka di-bully, demikian: “Ya Tuhan, Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya…” Pada akhirnya (ay. 29-30), mereka mohon Tuhan memberikan keberanian dan mengulurkan tangan untuk menolong. Akhirnya sungguh menguatkan, mereka justru menjadi teladan iman ketika pertolongan Tuhan dinyatakan.

 

Sobat Teruna, Tuhan berkuasa atas langit dan bumi serta laut dan segala isinya. Jadi, untuk apa kita takut? Dalam kesulitan, Ia akan buka jalan bagi kita! Seperti kata Pak Presiden Jokowi, saat orang berkata buruk tentang kita padahal kita tidak pernah mengusik kehidupan mereka, itu tandanya kehidupan kita lebih indah!

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan, Engkau adalah penguasa semesta! Berikanlah keberanian dan pertolongan sehingga aku dapat menghadapi setiap persoalan..

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon