ANAK MUDA JAMAN NOW: BUKAN GOSIP TAPI MENEBARKAN KEBAIKAN

12 Feb 2018

 

Mazmur 78:1-4

1 Nyanyian pengajaran Asaf. Pasanglah telinga untuk pengajaranku, hai bangsaku, sendengkanlah telingamu kepada ucapan mulutku. 2 Aku mau membuka mulut mengatakan amsal, aku mau mengucapkan teka-teki dari zaman purbakala. 3 Yang telah kami dengar dan kami ketahui, dan yang diceritakan kepada kami oleh nenek moyang kami, 4 kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan yang kemudian puji-pujian kepada TUHAN dan kekuatan-Nya dan perbuatan-perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya.

 

Sobat Teruna yang terkasih, GOSIP itu konon katanya memiliki kepanjangan, makin di GOsok, makin SIP. Sebuah berita yang menjadi bahan GOSIP biasanya akan ditambah sehingga menjadi lebih ‘seru’ dan membuat orang lain ‘ketagihan’ mendengar dan meneruskannya. Itulah mengapa, banyak orang tidak suka jika dijadikan bahan GOSIP. Selain versi cerita yang tersebar berbeda dengan cerita asli, GOSIP biasanya membicarakan keburukan orang lain (negatif). Anehnya, banyak orang yang tidak pernah ‘kapok’ menggosipkan orang lain. Katanya itu sudah jadi karakter anak muda jaman now. Whaatttt?? Apa benar?? Bukankah banyak orang justru tertekan karena persoalan hidupnya disebarluaskan tanpa perasaan dengan bumbu yang berlebihan (bahasa kerennya, jadi berita viral)?

 

Sobat Teruna sekalian, jika kita termasuk orang tidak sanggup menahan mulut kita untuk bergosip, cobalah ingat nasihat yang diberikan Asaf dalam Mazmur 78:1-4. Mulut kita diajak untuk menceritakan puji-pujian kepada Tuhan dan kekuatan-Nya serta perbuatan ajaib yang telah dilakukan-Nya. Kisah kehebatan Tuhan yang menciptakan langit dan bumi serta yang membebaskan umat-Nya dari perbudakan di tanah Mesir menjadi kisah iman yang terus diceritakan oleh bangsa Israel dari generasi ke generasi. Hal inilah yang membuat umat-Nya tenang dan aman. Jadi, daripada kita menghabiskan energi untuk membicarakan keburukan orang lain, mari kita viralkan kebaikan Tuhan dan lihatlah alam semesta di sekitar kita pasti akan bersukacita karena merasakan energi positif yang kita tebarkan. Itu baru bisa disebut anak muda jaman now!

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Ya Tuhan, pakailah mulutku untuk menceritakan keagungan dan kebesaran-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon