REMAJA KEKINIAN: BUKAN BAPER, TAPI BERHIKMAT


Mazmur 107:25-27

25 Ia berfirman, maka dibangkitkan-Nya angin badai yang meninggikan gelombang-gelombangnya. 26 Mereka naik sampai ke langit dan turun ke samudera raya, jiwa mereka hancur karena celaka; 27 mereka pusing dan terhuyung-huyung seperti orang mabuk, dan kehilangan akal.

Sobat Teruna, anak muda jaman now biasanya sangat peka dengan isu kekinian. Banyak sekali ilmu yang dapat dijelajahi melalui media sosial. Namun, kadangkala kita jadi sulit untuk mengenali mana berita yang benar dan tidak (hoax). Akibatnya banyak orang salah paham atau mulai diserang ketakutan berlebihan karena melihat teman lebih kaya atau lebih gaul dan eksis di dunia maya. Kita senang jika ada banyak yang me-LIKE status kita dan emosi jika sudah berhari-hari baru tiga orang yang nge-LIKE status. Inilah yang disebut dunia maya/semu. Terlihat nyata padahal tidak. Tidak nyata tapi bisa sangat memengaruhi. Akibatnya, kita jadi baper (bawa perasaan) berlebihan!

Hal yang sama dialami oleh orang-orang Mesir dalam perikop firman Tuhan hari ini. Orang Mesir menjadi baper karena orang Israel dianggap bertambah banyak dan kuat. Mereka takut jika suatu saat nanti orang Israel akan menjadi ancaman. Mereka juga takut jika tidak dibantu oleh orang Israel yang adalah para budak pada waktu itu. Akibatnya, penolakan diberikan ketika utusan Tuhan (Musa dan Harun) datang untuk membebaskan bangsa Israel dari tanah Mesir. Baper berlebihan ini mengabaikan pesan Tuhan, akhirnya tulah dipakai Tuhan untuk menyatakan kuasa-Nya atas semesta. Dari sini kita belajar bahwa jika Tuhan mengendalikan semesta, tidak usah terlalu baper dan takut dalam menjalani hidup. Masukilah dunia medsos dengan hikmat! Berjalan bersama dengan Tuhan Sang Pengendali Semesta pasti akan membuat kita selamat!

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Tuhan, ajarlah aku untuk mengandalkan kuasa-Mu sehingga tidak terbawa ketakutan dan kekuatiran yang berlebihan dalam hidup ini.