ALLAH YANG BERDAULAT ATAS SELURUH CIPTAAN

19 Feb 2018

 

Keluaran 20:18-21

“Sungguh, oleh karena itu hatiku berdebar-debar dan melonjak dari tempatnya. Dengar, dengarlah gegap gempita suara-Nya, guruh yang keluar dari dalam mulut-Nya. Ia melepaskannya ke seluruh kolong langit, dan juga kilat petir-Nya ke ujung-ujung bumi. Kemudian suara-Nya menderu, Ia mengguntur dengan suara-Nya yang megah; Ia tidak menahan kilat petir, bila suara-Nya kedengaran. Allah mengguntur dengan suara-Nya yang mengagumkan; Ia melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tidak tercapai oleh pengetahuan kita; karena kepada salju Ia berfirman: Jatuhlah ke bumi, dan kepada hujan lebat dan hujan deras: Jadilah deras! Tangan setiap manusia diikat-Nya dengan dibubuhi meterai, agar semua orang mengetahui perbuatan-Nya. Maka binatang liar masuk ke dalam tempat persembunyiannya dan tinggal dalam sarangnya. Taufan keluar dari dalam perbendaharaan, dan hawa dingin dari sebelah utara. 10 Oleh nafas Allah terjadilah es, dan permukaan air yang luas membeku. 11 Awan pun dimuati-Nya dengan air, dan awan memencarkan kilat-Nya, 12 lalu kilat-Nya menyambar-nyambar ke seluruh penjuru menurut pimpinan-Nya untuk melakukan di permukaan bumi segala yang diperintahkan-Nya. 13 Ia membuatnya mencapai tujuannya, baik untuk menjadi pentung bagi isi bumi-Nya maupun untuk menyatakan kasih setia.

 

Beberapa bulan lalu saya sempat berwisata mengunjungi danau Toba yang ada di Sumatera Utara, sobat Teruna. Keindahan alam di sekitar danau Toba yang luar biasa membuat kita merasa kagum dan tidak henti –hentinya bersyukur kepada Tuhan. Tapi, tahukah sobat kalau ternyata danau Toba berasal dari gunung Toba yang adalah gunung api raksasa yaitu gunung aktif dalam kategori sangat besar dan terakhir kali meletus sekitar 75.000 tahun silam? Akibat dari letusan tersebut menyisakan sebuah danau terbesar di Indonesia yaitu danau Toba. Saat ini danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata alam terindah Indonesia loh sobat.

 

Kebesaran Allah atas alam ciptaan juga disampaikan oleh Elihu. Elihu adalah orang termuda yang memberikan nasehat kepada Ayub ketika Ayub mengalami penderitaan. Bagi Elihu, semua gejala alam yang dahsyat, yang menakutkan dan yang tidak mampu dikendalikan oleh manusia merupakan wujud dari kebesaran Allah. Allah memakai alam ciptaan-Nya untuk mengajarkan manusia akan kedaulatan-Nya, baik untuk menghukum dosa maupun menyatakan anugerah-Nya. Elihu mengingatkan Ayub bahwa Allah juga berdaulat atas setiap penderitaan yang sedang dialaminya.

 

Sobat Teruna, melalui pembacaan Firman Tuhan hari ini kita mau diingatkan bahwa Tuhan dapat menjadikan segala sesuatu dan ketika sesuatu terjadi didalam hidup kita entah hal itu baik maupun buruk, percaya saja di dalamnya terdapat tujuan Tuhan untuk menyatakan kasih setia-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan, Engkau berdaulat atas seluruh alam ciptaan. Engkau juga Tuhan yang berdaulat atas seluruhkehidupanku pakailah sesuai rencana-Mu.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon