API YANG MENYIKSA

Wahyu 20 : 7-10

7 Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, 8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. 9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka, 10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

Pada bacaan kemarin, kita belajar bahwa untuk mengetahui kebenaran hanyalah melalui firman Tuhan. Maka hari ini kita melihat bagaimana iblis diizinkan memperdaya setiap orang. Iblis masih merasa mampu mengalahkan Allah. Jadi, bagaimana kita bisa menolak tipu daya iblis kalau kita tidak pernah mengerti dan mengetahui kebenaran?

Tipu daya iblis bermacam-macam. Dia tidak datang dalam bentuk yang menakutkan, sehingga kita menghindarinya. Iblis datang dalam bentuk yang indah dan bisa jadi sangat kita sukai. Dia akan memikat kita sehingga kita terjerat di dalamnya dan tidak akan bisa lepas lagi. Apa jadinya kalau kita terjerat dalam tipu daya iblis yang menyesatkan? Dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang. Allah hadir dalam api dan belerang yang menyiksa. Dalam api dan belerang ini, setiap orang yang terjerat tipu daya iblis akan disiksa siang dan malam sampai selama-lamanya.

Apa saja tipu daya iblis jaman sekarang? Pacar cantik dan ganteng namun tak mengenal Kristus. Pacar yang katanya mencintai kita asalkan kita mau bersetubuh dengannya. Pacar yang mengajak kita pacaran lewat skype tanpa busana? Menghisap rokok elektrik yang lagi trend supaya dianggap gaul. Sepatu ber-merek yang membuat kita mencuri uang orangtua. Terlalu banyak kalau ditulis di sini apa saja tipu daya iblis.

Sobat Teruna, Allah kita adalah setia dan adil. Ketika kita sudah melakukan hal-hal di atas, datanglah kepada-Nya. Mintalah pengampunan. Karena seperti bacaan kita kemarin, tidak ada lagi korban penghapus dosa kecuali melalui Kristus. Kuasa iblis tidak akan bertahan selama-lamanya, karena Allah melemparkannya ke dalam api dan belerang, di mana Allah juga berkuasa di dalamnya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Ya Allah, beri aku kekuatan untuk menolak segala bentuk tipu daya iblis. Biarlah aku melekat erat dengan-Mu saja.