TUHAN MENGHUKUM DENGAN ADIL

2 Mar 2018

 

 

Amos 1 : 9-11

9 Beginilah firman Tuhan: “Karena tiga perbuatan jahat Tirus, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena mereka telah menyerahkan tertawan suatu bangsa seluruhnya kepada Edom dan tidak mengingat perjanjian persaudaraan, 10 Aku akan melepas api ke dalam tembok Tirus, sehingga purinya dimakan habis.” 11 Beginilah firman Tuhan: “Karena tiga perbuatan jahat Edom, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku: Oleh karena ia mengejar saudaranya dengan pedang dan mengekang belas kasihannya, memendamkan amarahnya untuk selamanya dan menyimpan gemasnya untuk seterusnya, 

 

Sobat Teruna, pernahkah membayangkan jika Tuhan yang Maha Adil menghukum satu bangsa karena kesalahannya? Hal ini kerap terjadi pada zaman Perjanjian Lama. Salah satunya adalah pada zaman nabi Amos. Di pasal 1 yang berjudul Hukuman atas Tetangga Israel, Amos menyebutkan tujuh bangsa tetangga Israel yang akan dihukum Allah. Mengapa mereka dihukum? Karena mereka berdosa dengan melakukan kejahatan dan kekejaman terhadap bangsa Israel (ay. 9C dan 11C).

 

Tuhan menghukum karena Ia adalah adil. Dan apakah sampai sekarang Tuhan masih menghukum bangsa-bangsa yang melakukan kekejian dan kekejaman terhadap manusia seperti, eksploitasi, perdagangan manusia, perbudakan, penindasan orang miskin bahkan orang-orang percaya di belahan dunia lainnya tertindas karena iman percaya kepada Yesus Kristus? Kita tidak akan pernah tahu rencana-Nya.

 

Marilah kita bergumul dalam doa, supaya mereka yang tertindas diberikan kesabaran dan iman yang teguh kepada Tuhan dan percaya bahwa nanti pada saatnya segala air mata akan dihapuskan dari kehidupan mereka (bnd. Wahyu 21:1-5). Dan biarlah urusan Tuhan sendiri untuk menghakimi dan menghukum bangsa atau oknum yang melakukan tindakan penindasan kepada bangsa bahkan orang lain di saat dan waktu-Nya, karena Ia adil (bnd. Wahyu 21:8).

 

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Bapa di sorga, hatiku sedih melihat ketidakadilan dan kekejaman kepada sesama manusia terjadi di berbagai belahan dunia. Aku tahu bahwa pada waktunya, Engkau akan membela mereka dan menghukum bangsa atau pun oknum yang melakukan tindak kekejian ini. Tetapi aku mendoakan mereka yang menderita, biarkan mereka diberi kekuatan dan beriman kepada-Mu saja sebagai Tuhan Pelindung umat tertindas.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon