SAYAP PELINDUNGMU

Keluaran 14:15-25

15 Berfirmanlah Tuhan kepada Musa: “Mengapakah engkau berseru-seru demikian kepada-Ku? Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka berangkat. 16 Dan engkau, angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering. 17 Tetapi sungguh Aku akan mengeraskan hati orang Mesir, sehingga mereka menyusul orang Israel, dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya, keretanya dan orangnya yang berkuda, Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku. 18 Maka orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah Tuhan, apabila Aku memperlihatkan kemuliaan-Ku terhadap Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda.” 19 Kemudian bergeraklah Malaikat Allah, yang tadinya berjalan di depan tentara Israel, lalu berjalan di belakang mereka; dan tiang awan itu bergerak dari depan mereka, lalu berdiri di belakang mereka. 20 Demikianlah tiang itu berdiri di antara tentara orang Mesir dan tentara orang Israel; dan oleh karena awan itu menimbulkan kegelapan, maka malam itu lewat, sehingga yang satu tidak dapat mendekati yang lain, semalam-malaman itu. 21 Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman ituTuhan menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. 22 Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. 23 Orang Mesir mengejar dan menyusul mereka -- segala kuda Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda -- sampai ke tengah-tengah laut. 24 Dan pada waktu jaga pagi, Tuhan yang di dalam tiang api dan awan itu memandang kepada tentara orang Mesir, lalu dikacaukan-Nya tentara orang Mesir itu. 25 Ia membuat roda keretanya berjalan miring dan maju dengan berat, sehingga orang Mesir berkata: “Marilah kita lari meninggalkan orang Israel, sebab TUHANlah yang berperang untuk mereka melawan Mesir.”

“Kapan pun mimpi terasa jauh oh ingatlah sesuatu,

Ku akan selalu jadi sayap pelindungmu.

Saat duniamu mulai pudar dan kau merasa menghilang,

Ku akan selalu jadi sayap pelindungmu”

Syair lagu “Sayap Pelindungmu” yang dibawakan grup musik “The Overtunes” ini menjadi lagu yang hits, sejak dirilis pada Desember 2013. Lagu tersebut juga yang membuat “The Overtunes” yang beranggotakan tiga kakak beradik, yakni Mada Emmanuelle Brahmantyo, Reuben Nathaniel Brahmantyo, dan Mikha Angelo Brahmantyo menjadi terkenal dan meraih sejumlah penghargaan. Dalam salah satu kesempatan wawancara, “The Overtunes” mengakui bahwa “Sayap Pelindungmu” adalah judul lagu yang diusulkan ibu mereka. Hal itu, terinspirasi dari rasa sayang atau cinta yang melindungi, memberi semangat dan menenangkan dari kekhawatiran.

Sobat Teruna, bacaan firman kita hari ini juga menggambarkan bagaimana bentuk kasih sayang Tuhan bagi Bangsa Israel, lewat perlindungan yang nyata saat mereka dikejar Firaun dan tentaranya ketika berada di tepi Laut Teberau. Malaikat Tuhan dan tiang awan yang tadinya berada di depan bangsa Israel untuk menuntun mereka melalui perjalanan di padang gurun, diperintahkan Tuhan berpindah ke belakang mereka untuk menjadi pelindung. Tiang awan itu, menghalangi pandangan Firaun dan tentaranya yang sedang mengejar bangsa Israel dan memisahkan kedua pihak (ayat 19-20). Tak hanya itu, Tuhan juga melindungi bangsa Israel saat menyeberangi Laut Teberau yang terbelah (ayat 21-22).

Sobat Teruna, kita semua membutuhkan sosok pelindung, entah orang tua, kakak atau bahkan pacar. Tapi lewat bacaan firman hari ini, kita diingatkan bahwa Tuhan hadir sebagai pelindung yang tak pernah lelah menjaga kita, sehingga kita terhindar dari semua hal dan rencana jahat.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Yesus Kristus, jadilah pelindung hidupku, agar jiwaku tenang dan hidupku terlindungi dari yang jahat.