BRUCE ALMIGHTY

Yeremia 30:21-24

21 Orang yang memerintah atas mereka akan tampil dari antara mereka sendiri, dan orang yang berkuasa atas mereka akan bangkit dari tengah-tengah mereka; Aku akan membuat dia maju dan mendekat kepada-Ku, sebab siapakah yang berani mempertaruhkan nyawanya untuk mendekat kepada-Ku? demikianlah firman Tuhan. 22 Maka kamu akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan menjadi Allahmu.” 23 Lihatlah, angin badai Tuhan, yakni kehangatan murka, telah keluar menyambar, -- angin puting beliung -- dan turun menimpa kepala orang-orang fasik. 24 Murka Tuhan yang menyala-nyala itu tidak akan surut sampai Ia telah melaksanakan dan mewujudkan apa yang dirancang-Nya dalam hati-Nya; pada hari-hari yang terakhir kamu akan mengerti hal itu.

Bruce Nolan, sudah lama menjadi reporter salah satu stasiun televisi di Amerika Serikat (AS). Meski cukup populer di kalangan pemirsa, Bruce ingin naik jabatan sebagai pembaca berita. Bruce sangat kecewa ketika jabatan pembaca berita diberikan kepada Evan Baxter, saingan beratnya. Saking kesalnya, Bruce melampiaskan kemarahannya kepada Tuhan. Dia menuduh Tuhan tidak adil dan menuntut Tuhan muncul untuk menjelaskan mengapa hidupnya sial. Tuhan benar-benar muncul di hadapan Bruce, kemudian menantang Bruce untuk mengambil alih pekerjaan Tuhan. Bruce diberi kekuasaan seperti Tuhan. Dia mampu mendengarkan suara batin orang, memindahkan letak bulan dan bintang, juga melakukan apa pun yang diingikan karena semua berada dalam kekuasaannya. Hingga akhirnya Bruce kewalahan dan menyerah. Dia tak dapat beristirahat karena terganggu dengan keluh-kesah dan suara batin orang di seluruh penjuru dunia. Bruce kemudian berseru kepda Tuhan, mengakui kesalahannya yang menilai Tuhan tak adil, lalu meminta kembali menjadi manusia biasa.

Kisah tersebut merupakan cuplikan film “Bruce Almighty”, yang diperankan aktor Jim Carey. Meskipun ber-genre komedi, film tersebut juga mengandung unsur religius yang menggambarkan bahwa Allah berkuasa merancang hidup manusia dan terkadang manusia tak dapat menyelaminya.

Sobat Teruna, pembacaan firman hari ini juga mengungkap kemahakuasaan Allah terhadap hidup manusia dan alam ciptaan-Nya. Allah dapat memerintah dan memberi kekuasaan kepada apa pun dan siapa pun (ayat 21). Allah ingin manusia menjadi milik-Nya dan dapat menggunakan alam semesta untuk menghukum siapa pun yang membangkang (ayat 22-23) dan Allah memiliki rencana yang terkadang tak dapat dipahami manusia (ayat 24).

Melalui pembacaan firman hari ini, kita diingatkan bahwa Allah berkuasa atas semua yang diciptakan-Nya. Allah mengasihi namun juga memberi hukuman. Kita harus mengikuti perintah Allah dan pada akhirnya akan memahami rencana Allah bagi hidup kita.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Bapa di surga, ingatkanlah aku senantiasa bahwa Engkau berkuasa atas hidup seluruh umat manusia dan alam semesta. Buatlah aku tunduk pada kehendak-Mu agar hidupku tak berujung pada penderitaan.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon