PERCAYA SAJA!

Matius 14:27-30

27 Tetapi segera Yesus berkata kepada mereka: “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!” 28 Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: “Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air.” 29 Kata Yesus: “Datanglah!” Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus. 30 Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan mulai tenggelam lalu berteriak: “Tuhan, tolonglah aku!”

Dalam pembacaan firman Tuhan kemarin kita belajar mengenai Allah yang berkuasa mengendalikan bukan hanya alam tapi juga kehidupan kita. Namun, sebagai manusia, kita seringkali takut dan khawatir sehingga tidak atau kurang percaya pada-Nya. Dalam pembacaan firman Tuhan hari ini, kita melihat bagaimana Petrus ditegur oleh Yesus karena ragu kepada-Nya.

Pembacaan Alkitab kita hari ini merupakan lanjutan kisah yang kita baca dalam firman Tuhan kemarin. Setelah Yesus berjalan di atas air, maka para murid menjadi terkejut dan takut. Namun, Yesus menenangkan mereka dengan menyatakan diri-Nya (ay 27). Petrus kemudian menjawab Yesus dan meminta Dia agar menyuruhnya berjalan di atas air. Yesus pun mengabulkan permintaan Petrus. Oleh kuasa Yesus, Petrus dapat berjalan di atas air (ay. 29). Namun sayang, kekhawatiran dan ketakutan membuat Petrus bimbang dan meragukan kuasa sang Guru, Petrus pun mulai tenggelam (ay. 30).

Sama seperti Petrus dalam pembacaan firman hari ini, kita pun seringkali membiarkan ketakutan dan kekhawatiran membuat kita tidak percaya kepada Dia dan kuasa-Nya. Meskipun kita sudah merasakan kuasaNya dalam kehidupan kita, tetapi kita seringkali meragukan Dia dan kuasa-Nya. Sobat Teruna, kuasa Allah sanggup melepaskan kita dari kuasa dosa dan maut. Kuasa-Nya memampukan kita untuk tidak lagi melakukan dosa. Kuasa-Nya memampukan kita melayani Dia. Kuasa-Nya memampukan kita belajar dengan baik. Kuasa-Nya memampukan kita meraih cita-cita kita. Kuasa-Nya memampukan kita mengampuni dan mengasihi. Kuasa-Nya sanggup memampukan kita menjalani hidup ini dengan segala permasalahannya. Sobat Teruna, mari mengalami kuasa Allah, jangan biarkan kekhawatiran menghalangi kita untuk mengalami kuasa Allah, percayalah penuh kepada Dia yang berkuasa penuh.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhankiranya kuasa-Mu memampukan aku untuk percaya penuh kepada-Mu.