S’BAB DIA HIDUP ADA HARI ESOK

31 Mar 2018

 

 

Yohanse 20:1-10

 

1 Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.” Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. 10 Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah.

 

Salah satu lagu yang biasa dinyanyikan pada waktu Paskah: "Anak Allah Yesus nama-Nya.Menyembuhkan, menyucikan, bahkan mati, tebus dosaku. Kubur kosong membuktikan Dia hidup". Lagu ini tentu bukan hanya sekedar enak dinyanyikan, tapi kata-katanya sangat bermakna. Maka kalau dinyanyikan dengan penuh penghayatan, dapat semakin meneguhkan iman percaya kita lho sebenarnya! Yaitu meyakini bahwa Yesus benar-benar hidup dan bangkit, khususnya bagi kita berdasarkan apa yang diungkapkan dalam firman Tuhan.

 

Dalam bacaan hari ini dikatakan pagi-pagi benar saat masih gelap (ay. 1), sekitar jam 03.00–06.00, Maria sudah pergi ke makam Tuhan Yesus. Ia kesana sebenarnya bukan karena meyakini Yesus bangkit, tetapi karena ingin menunjukkan kasih-Nya. Maria menjadi orang pertama mengetahui fakta kubur kosong itu. Ia menduga tubuh Tuhan Yesus telah dicuri orang. Maka, ia lari kepada Petrus dan murid lain untuk memberitahu. Setelah menyaksikannya, mereka tiba pada kesimpulan bahwa mayat Yesus telah dicuri orang atau dipindahkan oleh tentara Romawi secara diam-diam. Mengapa kesimpulan mereka demikian? Dalam ayat 9 disebutkan murid-murid Tuhan Yesus belum memahami perkataan Yesus bahwa Dia akan dibangkitkan pada hari ketiga.

 

Jadi, apa yang diungkapkan oleh Yohanes tentang kubur kosong yang disaksikan oleh Maria dan murid-murid Tuhan Yesus, bila dikaitkan dengan apa yang dinubuatkan Yesus sendiri berdasarkan kitab suci, sungguh bahwa Yesus bangkit. Keyakinan akan kebangkitan sangat penting. Tanpa kebangkitan, iman Kristen akan sia-sia. Lebih jauh arti kebangkitan, seperti yang dikatakan dalam syair lagu: “S`bab Dia hidup, ada hari esok. S`bab Dia hidup, ku tak gentar. Karna kutahu, Dia pegang hari esok, hidup jadi berarti s`bab dia hidup.”

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Bapa Pengasih, mampukan aku agar senantiasa hidup dalam iman kepada Yesus yang bangkit, sehingga hidup yang dijalani sekarang memiliki hari esok yang penuh harapan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon