MEMBERIKAN TELADAN YANG BAIK

23 Apr 2018

 

 

I Petrus 5:1-4

 

Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak. Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu. Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

 

Sudah lama bapak itu beserta keluarganya tidak pernah hadir dalam ibadah di gereja tempat ia biasa bersekutu. Setelah diadakan perkunjungan oleh pendeta dan beberapa orang majelis dilingkungannya, diketahui bahwa bapak itu mengalami kekecewaan terhadap salah seorang majelis karena telah mengambil keuntungan lewat pelayanan yang dilakukan terhadap dia dan membuat dia enggan bertemu dengan si majelis tersebut di gereja. Akhirnya jemaat itu dan keluarganya kembali bersekutu di gereja tersebut setelah pendeta membantu menyelesaikan masalahnya.

 

“Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri (ayat2). Demikian Rasul Petrus menasihatkan para penatua yang melayani umat Tuhan yaitu para pendatang yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia kecil dan Britinia (1 Petrus 1:1). Nasihat yang dituliskan Rasul Petrus tidak hanya berlaku pada masa itu tetapi juga pada saat ini bagi semua orang yang melayani Tuhan. Menjadi pelayan Tuhan selayaknya harus menjadi panutan bagi umat yang Tuhan percayakan untuk dilayani di mana pun ia berada. Tidak menjadi batu sandungan tetapi menjadi berkat bagi orang lain sehingga nama Tuhan akan dimuliakan.

 

Sebagai orang muda, ketika diberikan tugas dan tanggung jawab melayani Tuhan lewat talenta yang dimiliki, kita pun harus melakukannya dengan sungguh-sungguh. Menjadi contoh atau teladan yang baik bagi teman-teman yang lain sehingga mereka pun tertarik dan bersama-sama melayani Tuhan. Karena apa pun yang kita lakukan dalam melayani Tuhan akan kita pertanggung jawabkan kembali kepada Dia sebagai Sang Pemilik pelayanan itu sendiri.

 

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

 

Tuhan Yesus yang baik, mampukan aku agar selalu menjadi teladan yang baik bagi sekelilingku, sehingga lewat hidupku nama-Mu senantiasa dimuliakan.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon