TEKUN MENGASIHI

Ibrani 10:19-22

19 Jadi, saudara-saudara, oleh darah Yesus kita sekarang penuh keberanian dapat masuk ke dalam tempat kudus, 20 karena Ia telah membuka jalan yang baru dan yang hidup bagi kita melalui tabir, yaitu diri-Nya sendiri, 21 dan kita mempunyai seorang Imam Besar sebagai kepala Rumah Allah. 22 Karena itu marilah kita menghadap Allah dengan hati yang tulus ikhlas dan keyakinan iman yang teguh, oleh karena hati kita telah dibersihkan dari hati nurani yang jahat dan tubuh kita telah dibasuh dengan air yang murni.

Sobat Teruna, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tekun artinya rajin, keras hati dan bersungguh-sungguh. Itulah sebabnya kita sering mendengar kalimat : tekunlah belajar, tekunlah berdoa, tekunlah berlatih…dst. Hari ini kita belajar tentang satu ketekunan, yaitu tekun mengasihi.

Mengapa harus tekun mengasihi? Ternyata mengasihi dengan tekun bisa diartikan mengasihi yang ‘walaupun’. Maksudnya adalah terus mengasihi walaupun orang yang kita kasihi melakukan hal yang buruk pada kita. Mengasihi walaupun kita disakiti. Mengasihi walaupun kita dimusuhi. Mengasihi walaupun….silahkan sobat Teruna coba melanjutkan sendiri.

Contoh yang paling dekat dengan kita adalah orang tua. Ya benar. Orang tua kita mengasihi kita walaupun kita sering tidak menuruti apa perkataan mereka. Orang tua kita tetap mengasihi walaupun kita kerap mengecewakan mereka. Orang tua kita tetap mengasihi kita walaupun kita sering kali menyakiti mereka. Namun terkadang kita tidak menyadari hal itu dan menyepelekan apa yang mereka lakukan.

Sobat Teruna. Ada satu Pribadi yang mengasihi kita lebih dari yang orang tua kita lakukan. Pribadi itu adalah Tuhan Yesus. Tuhan Yesus mengasihi kita bahkan ketika kita masih berdosa. Bacaan Alkitab hari ini, mengingatkan kita bahwa dengan darah-Nya, Tuhan Yesus membuat kita bisa menerima keselamatan. Hal ini tidak boleh kita lupakan ya! Mari kita coba terus mengasihi yang ‘walaupun’. Memang sulit, tetapi dengan pertolongan Roh Kudus, kita pasti akan mampu melakukannya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Tuhan Yesus, aku mohon pimpinan Roh Kudus-Mu memampukan aku untuk bisa tekun mengasihi seperti yang Tuhan lakukan untukku.