BERSUKACITA + MENDERITA = MENGASIHI?

Kolose 1:24-29

24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat. 25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu, 26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya. 27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan! 28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus. 29 Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.

Sobat Teruna. Pernah mendengar ada orang yang bersukacita karena menderita? Atau orang yang menderita tetapi tetap mengasihi? Apakah memang ada hubungannya antara bersukacita, menderita dan mengasihi?

Pada bacaan Alkitab hari ini, kita menemukan seseorang yang demikian. Dia adalah Rasul Paulus. Ya benar. Rasul Paulus bersukacita walaupun menderita. Mengapa ia mampu bersukacita walau menderita? Jawabannya adalah karena ia mengasihi Kristus dan jemaat-Nya. Jadi ia rela menderita karena baginya jika Kristus rela menderita bagi jemaat-Nya (termasuk dirinya), maka ia juga harus rela menderita bagi Kristus. Mengapa Rasul Paulus bisa melakukan hal itu? Jawabannya, dengan pertolongan Roh Kudus. Itulah yang memampukan Rasul Paulus melakukan tiga hal tersebut sekaligus. Dengan kata lain Rasul Paulus mau mengingatkan kita, bahwa dengan pertolongan Roh Kudus kita akan dimampukan melakukan kehendak Tuhan hal-hal yang kita anggap tidak mungkin.

Sobat Teruna, dengan pengalaman Rasul Paulus kita belajar dua hal hari ini. Pertama, jika kita mengasihi, kita akan rela untuk menderita. Ketika kita rela menderita, kita akan bisa tetap bersukacita. Kedua, tidak ada hal sulit yang tidak mungkin kita lakukan jika Roh Kudus menolong kita. Asalkan itu sesuai dengan kehendak Tuhan.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Roh Kudus ingatkan aku akan kasih Kristus dalam hidupku, dan mampukan aku untuk bisa bersukacita di dalam setiap penderitaan yang aku alami asalkan itu seturut kehendak-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon