KASIH TERHADAP ORANG ASING

Rut 2:1-12

1 Naomi itu mempunyai seorang sanak dari pihak suaminya, seorang yang kaya raya dari kaum Elimelekh, namanya Boas. 2 Maka Rut, perempuan Moab itu, berkata kepada Naomi: “Biarkanlah aku pergi ke ladang memungut bulir-bulir jelai di belakang orang yang murah hati kepadaku.” Dan sahut Naomi kepadanya: “Pergilah, anakku.” 3 Pergilah ia, lalu sampai di ladang dan memungut jelai di belakang penyabit-penyabit; kebetulan ia berada di tanah milik Boas, yang berasal dari kaum Elimelekh. 4 Lalu datanglah Boas dari Betlehem. Ia berkata kepada penyabit-penyabit itu: “Tuhan kiranya menyertai kamu.” Jawab mereka kepadanya: “Tuhan kiranya memberkati tuan!” 5 Lalu kata Boas kepada bujangnya yang mengawasi penyabit-penyabit itu: “Dari manakah perempuan ini?” 6 Bujang yang mengawasi penyabit-penyabit itu menjawab: “Dia adalah seorang perempuan Moab, dia pulang bersama-sama dengan Naomi dari daerah Moab. 7 Tadi ia berkata: Izinkanlah kiranya aku memungut dan mengumpulkan jelai dari antara berkas-berkas jelai ini di belakang penyabit-penyabit. Begitulah ia datang dan terus sibuk dari pagi sampai sekarang dan seketika pun ia tidak berhenti.” 8 Sesudah itu berkatalah Boas kepada Rut: “Dengarlah dahulu, anakku! Tidak usah engkau pergi memungut jelai ke ladang lain dan tidak usah juga engkau pergi dari sini, tetapi tetaplah dekat pengerja-pengerjaku perempuan. 9 Lihat saja ke ladang yang sedang disabit orang itu. Ikutilah perempuan-perempuan itu dari belakang. Sebab aku telah memesankan kepada pengerja-pengerja lelaki jangan mengganggu engkau. Jika engkau haus, pergilah ke tempayan-tempayan dan minumlah air yang dicedok oleh pengerja-pengerja itu.” 10 Lalu sujudlah Rut menyembah dengan mukanya sampai ke tanah dan berkata kepadanya: “Mengapakah aku mendapat belas kasihan dari padamu, sehingga tuan memperhatikan aku, padahal aku ini seorang asing?” 11 Boas menjawab: “Telah dikabarkan orang kepadaku dengan lengkap segala sesuatu yang engkau lakukan kepada mertuamu sesudah suamimu mati, dan bagaimana engkau meninggalkan ibu bapamu dan tanah kelahiranmu serta pergi kepada suatu bangsa yang dahulu tidak engkau kenal. 12 Tuhan kiranya membalas perbuatanmu itu, dan kepadamu kiranya dikaruniakan upahmu sepenuhnya oleh Tuhan, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya engkau datang berlindung.”

Cerita Rut dan Boas adalah salah satu love story dalam Alkitab yang selalu digandrungi remaja-remaja selain kisah Ratu Ester. Namun bacaan hari ini ingin menunjukkan hal lain yang tersimpan dari pertemuan Rut dan Boas di ladang. Apakah itu, sobat Teruna? Kasih terhadap orang asing.

Ya, Boas mengasihi Rut, orang asing yang bukan sebangsanya (ay. 10). Namun Boas menunjukkan kasih kepadanya dengan memberikan kesempatan kepada Rut mengumpulkan jelai bukan hanya di ladangnya, tetapi juga untuk bekerja bersama pekerja-pekerjanya dan berbagai hal baik lainnya (ay. 8-9). Boas tergerak untuk memberikan berkat kepada Rut karena ia telah mendengar dan melihat cerita hidup Rut dan bagaimana Rut bekerja dengan giat dan rajin untuk membantu mertuanya (ay.6, 11).

Sobat Teruna, Boas adalah contoh umat Tuhan sejati yang dengan kasih dan kebijaksanaannya berbagi kasih dengan orang asing. Ketika dunia di luar sana telah mengaburkan makna kasih kepada orang asing karena pementingan diri sendiri (entah itu egois atau pun individualistis), profil Boas cocok menjadi teladan hidup remaja Kristus untuk menjadi ‘malaikat-malaikat’ Tuhan bagi mereka yang membutuhkan (bnd. Imm 5:35 dan Yoh 1:5). Maukah kita memulainya hari ini? Apa yang ingin kita berikan kepada orang asing yang kita temui hari ini? Jawaban: Ketika aku bertemu dengan orang asing (sebutkan orang asingnya), aku telah memberikan ____________________________________ (isilah setelah kita memberikan kasih kepada orang asing yang kita temui hari ini atau dalam minggu ini)

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Allah Bapa, jadikan aku pelaku kasih yang tidak membeda-bedakan siapa pun. Memberikan kasih kepada orang asing yang membutuhkan dan menjadi salah satu malaikat Tuhan yang mereka temui dalam hidup ini adalah harapanku.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon