MENYELESAIKAN MASALAH DENGAN TAAT FIRMAN TUHAN

II Raja-raja 4:42-44

42 Datanglah seseorang dari Baal-Salisa dengan membawa bagi abdi Allah roti hulu hasil, yaitu dua puluh roti jelai serta gandum baru dalam sebuah kantong. Lalu berkatalah Elisa: “Berilah itu kepada orang-orang ini, supaya mereka makan.” 43 Tetapi pelayannya itu berkata: “Bagaimanakah aku dapat menghidangkan ini di depan seratus orang?” Jawabnya: “Berikanlah kepada orang-orang itu, supaya mereka makan, sebab beginilah firman Tuhan: Orang akan makan, bahkan akan ada sisanya.” 44 Lalu dihidangkannyalah di depan mereka, maka makanlah mereka dan ada sisanya, sesuai dengan firman Tuhan.

Elisa sudah merasakan dan melihat bagaimana Allah menolong dia dalam setiap masalah yang dia hadapi, mencukupkan segala kebutuhannya dan memelihara hidupnya. Inilah yang membuatnya semakin tunduk dan taat kepada perintah Allah.

Dalam bacaan kali ini dikatakan bahwa ada sebuah masalah. Seseorang datang kepada Elisa dengan membawa dua puluh roti jelai serta gandum baru dalam sebuah kantong. Elisa meminta orang tersebut untuk memberi makan kepada orang banyak yang ada di situ. Masalahnya adalah roti jelai hanya berjumlah dua puluh sementara jumlah yang harus diberi makan ada seratus orang. Apa jawab Elisa? “Berikanlah kepada orang-orang itu, supaya mereka makan, sebab beginilah firman Tuhan: Orang akan makan, bahkan akan ada sisanya.” (ayat 43). Dan benar, pada ayat ke 44 dikatakan bahwa mereka menghidangkan roti tersebut di depan orang banyak itu, maka makanlah mereka dan ada sisanya sesuai firman Tuhan. Luar biasa.

Sobat Teruna, Elisa sangat tahu siapa Allah yang dia sembah. Dia merasakan bahwa Allah sudah memelihara dia melalui perempuan Sunem itu. Dia sudah melihat mujizat yang dilakukan Allah kepada perempuan Sunem itu. Dia juga begitu taat akan firman Allah. Bagaimana dengan kita? Saking sibuknya, kita lupa membaca firman Tuhan. Menyelesaikan masalah dengan hanya mendengarkan apa kata teman dan tidak pernah meminta hikmat dari Tuhan. Kali ini kita diingatkan untuk membaca firman-Nya, karena melaluinya kita semakin mengerti akan kasih dan kuasa Allah, sehingga kita memiliki keyakinan bahwa Dia selalu bersama kita dalam menyelesaikan setiap masalah kita. Bacalah firman Tuhan senantiasa dan milikilah waktu-waktu indah bersama-Nya.

Berdoalah agar firman Tuhan hari ini menjadi berkat dalam kehidupan Sobat Teruna :

Firman-Mu senantiasa menguatkanku ketika aku menghadapi masalah. Terimakasih ya Allah. Ajarku senantiasa untuk taat akan firman-Mu.

© Dewan Persekutuan Teruna
Hit Counter :
  • Black Instagram Icon
  • Black YouTube Icon